Antisipasi Kekeringan, BPBD Siapkan Bantuan Air Bersih

Share this :

Lamongan, koranmemo.com – Untuk mengantisipasi kekeringan musim kemarau saat ini, Badan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Lamongan mulai memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat.

Muhammad Muslimin, selaku kepala seksi (kasi) tanggap darurat BPBD Kabupaten Lamongan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan mobil tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih daerah-daerah kritis di Kabupaten Lamongan.

“Kemarin bantuan air bersih kita drop ke kecamatan modo, kecamatan sugio dan kecamatan kedungpring, sekarang sudah kembali kami siapkan 5 tangki untuk besok. Hari ini dropping air bersih masih ditunda karena ada sedikit kendala,” tuturnya, Selasa (15/9).

Dia menambahkan, besok akan dilakukan dropping air bersih di wilayah Kecamatan Sambeng tepatnya di Desa Nogojatisari dan Kecamatan Tikung di Desa Bakalan Pule.

“Musim kemarau tahun ini ada 15 sampai 16 kecamatan yang masuk dalam kategori daerah kritis yaitu daerah yang sumber airnya sangat minim. Jika ada sumber airnya pun tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena kualitas air yang buruk,” katanya.

Selain itu, warga yang masuk daerah kritis tersebut harus menempuh jarak 2 sampai 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih. “Kan kasihan kalau mereka harus jauh-jauh 2 sampai 3 kilo buat ambil air bersih, maka dari itu kita bantu,” ucapnya.

Karena musim kemarau tahun ini juga sering terjadi kebakaran rumah di wilayah Kabupaten Lamongan, ia berujar bahwa pihaknya juga menyiapkan bantuan bagi masyarakat yang rumahnya terbakar tersebut.

Baca Juga: Kantongi Uang Rp 2.000 Saat Ditilang, Pria Ini Berhutang Untuk Bayar Denda

Baca Juga: Dispendukcapil Terus Genjot Perekaman Data

“Di saat kondisi darurat seperti kebakaran rumah tentu kita juga siapkan bantuan bagi mereka yang menjadi korban kebakaran rumah seperti sembako dan perlengkapan dapur, semoga masyarakat dapat terbantu atas bantuan yang kami berikan tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Fariz Fahyu

Editor: Della Cahaya