Antisipasi Gangguan Kamtibmas Siagakan Personel

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, Polres Trenggalek menggelar apel menetapkan status siaga satu, Minggu (10/9) pagi.

Persiapan pengamanan tersebut dipusatkan pada empat kegiatan. Yakni event freedom adventure Trail Trenggalek, latihan bersama pencaksilat SH Terate, Kepulangan haji dan liga 3 di Stadion Menak Sopal Trenggalek, Minggu (10/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman melalui Wakapolres Kompol Andi Febrianto Ali mengungkapkan, peningkatan status merupakan bentuk tanggung jawab Polres Trenggalek untuk memberi rasa aman, kondusif kepada masyarakat dan sudah melalui kajian yang mendalam. kegiatan yang membutuhkan pengamanan anggota Kepolisian.

“ Pada hari ini setidaknya ada 4 kegiatan besar di wilayah hukum Polres Trenggalek. Dari 4 kegiatan itu perlu mendapatkan atensi dan membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian terkait dengan kondusifitas wilayahnya,” ungkapnya.

Dikatakan, sebelum pengamanan terlebih dahulu dilaksanakan apel pengecekan anggota di halaman Mapolres. Pengecekan diikuti oleh seluruh pejabat utama dan seluruh personel yang terlibat pengamanan.

“Kita hanya antisipasi gangguan Kamtibmas saja, tidak ada operasi khusus ataupun tambahan pasukan BKO. Sehingga aktivitas masyarakat berjalan normal, aman dan kondusif seperti biasanya,” jelasnya.

Banyaknya kegiatan masyarakat, lanjutnya, membuat Polres Trenggalek selaku garda terdepan bidang Kamtibmas harus benar-benar jeli membagi personelnya. Minimnya jumlah anggota tidak menjadi kendala untuk me-manage personel sesuai dengan kerawanan yang mungkin ditimbulkan.

“ Pada status Siaga 1, seluruh anggota wajib hadir dan tidak diperkenankan ijin kecuali untuk urusan yang benar-benar mendesak. Jika ada yang melanggar maka hukumannya akan lebih berat,” tegasnya.

Ditambahkan, untuk kepulangan jemaah haji, selain pengawalan dari Surabaya juga dilibatkan 126 personel yang dibagi menjadi dua puluh. Sedangkan Sepakbola antara Persiga melawan Blitar United disiapkan 132 personel. Sementara untuk acara Fredom Adventure Trail Trenggalek dan latihan bersama pencaksilat SH Terate disiagakan masing-masing 1 SSK.

“Semua upaya kepolisian baik  preventif maupun represif yang digelar muaranya adalah demi dan untuk masyarakat Trenggalek. Untuk pengamanan anggota kita libatkan tanpa kecuali sesuai dengan tupoksi masing-masing satuan termasuk Polsek jajaran,” pungkas Kompol Andi.

Reporter: Suparni PB

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *