Antisipasi Balap Liar, Amankan 183 Motor

Kediri, koranmemo.com — Satlantas Polresta Kediri melakukan operasi pemeriksaan kendaraan bermotor di tiga lokasi berbeda, Minggu (1/12) dini hari. Hasilnya, 183 pengendara sepeda motor dikenai hukuman tilang bahkan puluhan sepeda motor diduga hasil barang kejahatan atau pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kasat Lantas Polresta Kediri, AKP Indra Budi Wibowo menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan Satlantas Polresta Kediri untuk menciptakan kondisi (cipkon) lalu lintas yang tertib dan aman. Selain itu, cipkon yang dilaksanakan juga mengantisipasi terjadinya balap liar.”Salah satunya adalah giat cipkon ya, giat cipkon ini juga mengantisipasi aksi balap liar yang sering dilakukan para pengendara sepeda motor setiap akhir pekan. Karena, berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan umum sangat berbahaya, tidak hanya bagi pengendara itu sendiri tapi juga bagi pengguna jalan lainnya,” jelasnya.

Lokasi yang menjadi sasaran dilakukan pemeriksaan adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Brawijaya. Dipilihnya tiga lokasi ini karena kondisi jalan yang lurus dan cukup panjang sehingga sering digunakan untuk balap liar. Pemeriksaan ini dilakukan mulai Sabtu (30/11) pukul 24.00 WIB sampai Minggu (1/12) pukul 04.30 WIB.

Dari 183 pengendara yang ditilang, lanjutnya, sebagian besar merupakan pengendara dari daerah Nganjuk dan Tulungagung. Bahkan, 72 sepeda motor di antaranya diduga hasil curanmor. Langkah tegas pun dilakukan oleh Satlantas Polresta Kediri, sepeda motor sementara ditahan di Kantor Satlantas Polresta Kediri di Jalan Brawijaya.

Puluhan kendaraan roda dua ini selain tidak sesuai spektek, pengendara juga tidak melengkapi surat-surat kendaraan. “Sementara untuk barang bukti, rencana tahun depan baru dikeluarkan. Ini juga sebagai upaya cipkon menjelang akhir tahun. Giat ini juga dipimpin langsung oleh Bapak Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana,” ucapnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date