Antisipasi Arus Balik,  Siagakan Pos Pelayanan

Sidoarjo, koranmemo.com Puncak arus balik musim lebaran di kota Sidoarjo bakal diprediksi terjadi empat hari lagi. Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji mengantisipasi kepadatan lalu-lintas dan keamanan dengan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke tiga pos pengamanan dan pelayanan, Sabtu, (16/06/2018).

Lokasi yang dituju diantaranya Pos Pengamanan dan Pelayanan di jalan raya Porong, Taman, dan Posko di Terminal Purabaya (Bungurasih).Di Posko Porong, kedatangan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan yang didampingi Kasat Lantas, Dhyno Indra Setyadi disambut Kapolsek Jabon, AKP Saadun dan beberapa anggotanya.

Posko yang terletak di depan Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Gasum Porong ini untuk memantau arus dari kota Sidoarjo menuju ke Pasuruan atau Malang. Jalan raya Porong ini menjadi perhatian karena merupakan akses utama selain jalan arteri Porong.

Kapolsek Jabon, AKP Saadun mengatakan, hasil pantauan, mayoritas kendaraan pribadi yang melintas di jalan raya Porong dan arteri.

“Kenaikan jumlah pengendara terpantau  pada pukul 10.00-12.00 WIB, titik kepadatan berada di pintu masuk jalan arteri porong,” terangnya.

Namun, kepadatan itu tidak berselang lama. Selepas tengah hari, lalu-lintas terpantau lancar. “Sudah tidak ada kepadatan,” ucapnya.

Sidak berikutnya berlanjut ke pos pengamanan dan pelayanan yang lokasinya di pertigaan jalan raya Sepanjang.

Dalam perjalanan menuju posko Sepanjang, rombongan melewati jalan tol Porong-Waru. Tampak pengguna jalan terpantau sepi. Lalu lintas juga lancar.

Hasil laporan pantauan petugas, di jalan raya Sepanjang sejak pukul 07.30 lalu-lintas padat. Kepadatan itu dipicu banyaknya kendaraan yang masuk ke Tol Surabaya-Mojokerto.

Selanjutnya, lokasi ketiga, yakni terminal Purabaya. Himawan sempat berbincang dengan Kapolsek Waru Kompol Fathoni. Dari data pos pelayanan terminal Purabaya, ada kenaikan jumlah penumpang. “Hari ini jumlahnya 49 ribu. Masih bisa bertambah,” ucap Fathoni.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji menjelaskan dari  sidak di tiga pos, memang ada kenaikan arus lalu-lintas. Namun jumlahnya tidak signifikan. “Masih terpantau landai,” ujarnya.

Pemantauan tidak hanya dilakukan di jalan-jalan nasional. Polisi juga mengecek jalur di tengah kota. Seperti Jalan Gajah Mada, Diponegoro, Pahlawan, dan Thamrin. Jalan ramai lancar. “Keramaian hanya di pintu masuk pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Alumni sekolah Polisi tahun 1995 ini juga mengatakan, puncak arus mudik diprediksi terjadi  tanggal 21 Juni, bertepatan dengan akhir masa liburan. “Bisa juga bakal terjadi pada hari berikutnya, yakni tanggal 24 Juni,” ujarnya.

Untuk menghadapi arus balik, pihaknya sudah menginstruksikan kepada petugas. Titik-titik kepadatan dijaga dan menjadi atensi.

“Seperti Jalan Raya Porong, Taman, Waru, Balongbendo, Tarik dan Jalan Tol. Di Tarik, jalur mliriprowo menjadi atensi. Karena sering terjadi kepadatan,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date