Angka Kesembuhan 87 Persen, Kota Malang Optimis Minggu Depan Zona Kuning

Malang, koranmemo.com – Status wilayah penyebaran Covid-19 Kota Malang dalam beberapa minggu terakhir berada di zona orange. Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan, angka kesembuhan saat ini mencapai 87 persen. Hal tersebut membuatnya optimis Kota Malang akan segera menuju zona kuning.

Menurutnya, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan lah yang membuat Kota Malang keluar dari zona merah dan berhasil bertahan di zona orange. Selain itu masyarakat juga sudah mulai dapat beradaptasi dalam kebiasaan baru.

“Tinggal sekarang itu dipertahankan atau tidak itu tergantung dari masyarakat. Jadi kita tidak boleh terlena, karena tidak menutup kemungkinan tapi mudah mudahan tidak terjadi seperti daerah lain yang sudah zona orange menjadi zona merah lagi,” tuturnya.

Lanjutnya, kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan potensi penyebaran Covid-19 sudah terbangun dengan baik. Selain itu beberapa upaya juga masih dilakukan dalam memperbaiki status zona wilayah Kota Malang.

“Operasi yustisi terus kita gerakkan dan penguatan kampung-kampung tangguh juga kita kuatkan,” tambahnya.

Sementara itu Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif, menuturkan saat ini Kota Malang masih berada di zona orange, sehingga potensi penularan Covid-19 masih sedang. Sedangkan untuk berpindah ke zona kuning, Satgas Covid-19 Pusat menetapkan 14 indikator yang harus dicapai.

“Dari 14 indikator ini ada 3 yang paling utama, pertama adalah epidemiologi, kedua kesehatan masyarakat, ketiga adalah pelayanan kesehatan. Tiga indikator utama ini yang akan memberikan bobot penilaian yang bisa menggeser ke zona kuning,” tuturnya.

Lebih lanjut dr. Husnul menyampaikan pihaknya terus mengupayakan untuk menuju zona kuning. Diantaranya, pertama adalah menurunkan angka konfirmasi Covid-19 dengan meningkatkan jumlah testing yang ada di Kota Malang. Kedua, meningkatkan angka kesembuhan dengan penerapan standar penatalaksanaan di tiap Rumah Sakit maupun di rumah karantina.

“Saat ini positive rate kita masih tinggi, di capaian yang harusnya di bawah 5 persen. Kita belum masih diatas 5 persen. Angka kematian kita hampir 9 persen, sedangkan itu harusnya tidak lebih dari 3 persen. Kemudian angka kesembuhan kita sudah hampir 88 persen, tepatnya 87,98 persen,” tambahnya.

Menurutnya,saat ini Kota Malang nyaris mendekati zona kuning. Data evaluasi mingguan dari Provinsi Jawa Timur menunjukkan Kota Malang berada di zona orange pada posisi ke 19 dengan nilai 2,39.

“Nilai kita 2,39 dan untuk masuk ke zona kuning harus 2,40. Kita kurang beberapa digit untuk mencapai 2,40 sehingga bisa bergeser ke zona kuning,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor: Della Cahaya