Anggota PPK Tambahan Pemilu 2019 Dilantik

Kediri, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Kediri melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan untuk Pemilu 2019, Rabu (2/1). Penambahan setelah judicial review putusan Mahkamah Konstitusi, dari tiga anggota menjadi lima anggota sehingga akan memaksimalkan kinerja lantaran pemilu serentak.

Kota Kediri yang memiliki tiga kecamatan melantik enam anggota PPK di Rumah Pintah Pemilu (RPP) KPU setempat. Selain itu, satu anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kelurahan Singonegaran Kecamatan Pesantren juga dilantik karena satu anggotanya terpilih menjadi anggota PPK.

“Hari ini serentak secara nasional dilaksanakan pelantikan anggota PPK tambahan, dua orang per kecamatan sesuai surat edaran KPU RI karena adanya putusan Mahkamah Konstitusi nomor 31 tahun 2018 tentang penambahan anggota PPK. Karena tugas mereka ini berat sekali, setelah rekap di TPS berikutnya langsung di PPK maka mereka butuh tambahan personel,” ujar Agus Rofiq Ketua KPU Kota Kediri, Rabu (2/1).

Sementara, KPU Kabupaten Kediri juga melakukan pelantikan anggota sejumlah 52 anggota PPK, dan 7 anggota PPS. Pelantikan itu setelah dilakukan rekruitmen dan seleksi dari masyarakat Kabupaten Kediri sebelum ditetapkan sebagai anggota PPK tambahan.

“Dua orang tambahan ini merupakan seleksi baru, kita ambil sepuluh besar dari pendaftaran dulu kemudian kita lakukan proses seleksi sehingga terpilihnya anggota tambahan itu,” kata Sapta Andaruiswara Ketua KPU Kabupaten Kediri usai melantik anggota PPK dan PPS di Hall Hotel Lotus Kota Kediri, Rabu (2/1).

Lebih lanjut, Sapta memperingatkan, anggota tambahan tersebut untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial lantaran sudah masuk sebagai penyelenggara pemilu. Selain itu, setelah dilantik mereka akan berhadapan dengan proses pendataan Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date