Anggota Dewan Sambut Baik Rencana Renovasi Gedung DPRD

Blitar, koranmemo.com – Kalangan legislatif menyambut upaya pemkot untuk merenovasi gedung DPRD Kota Blitar. Dengan adanya renovasi setidaknya bisa melegakan wakil rakyat ketika ada kunjungan tamu luar daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto. Ditemui di gedung dewan Totok mengatakan tak mempermasalahkan soal renovasi. Yang penting bisa menunjang kinerja kegiatan dewan. “Tak masalah, yang penting gedung nantinya representatif. Kami menyambut baik soal renovasi,” kata Totok Sugiarto, Jumat (27/12).

Dijelaskan, berdasar hasil pemaparan yang disampaikan eksekutif di hadapan dewan beberapa waktu lalu, nantinya renovasi akan difokuskan untuk bangunan sebelah barat. Di bangunan ini selama ini digunakan untuk ruang pimpinan dewan, ruang rapat komisi dan sekretariat. “Nanti bangunan yang sebelah barat saja yang direnovasi,” katanya.

Di bangunan sebelah barat itu nanti akan dibuat gedung bertingkat. Sementara di bagian bawah atau basecamp akan digunakan untuk lahan parkir yang selama ini disebut-sebut kurang luas. Berapa jumlah lantai, kata Totok masih perlu dikaji lebih dalam lagi. Yang jelas untuk parkir di bagian bawah mengadopsi gedung bertingkat. “Kalau soal jumlah lantai, dua, tiga atau berapa lantai masih dikaji lebih dalam lagi,” katanya.

Sementara untuk gedung paripurna, katanya, tidak diubah sama sekali. Pemkot masih ingin mempertahankan model dan fasilitas gedung yang menghadap ke selatan itu. “Tidak diubah, ya mungkin ada nilai sejarah tersendiri. Toh gedung paripurna juga cukup luas kok,” tambahnya.

Seperti diketahui, gedung DPRD Kota Blitar direncanakan bakal direlokasi. Ada tiga alternatif di antaranya di Jalan Pemuda Soempomo dan Bendogerit. Hanya saja setelah dilakukan koordinasi dengan pemkot, tidak jadi direlokasi, gedung hanya direnovasi.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu