Ancam Bunuh dan Peras Ketua Grup Solawatan Lewat FB, Pria di Tulungagung Diamankan Polisi

Blitar, koranmemo.com – Satreskrim Polres Blitar Kota mengamankan, Riski (22) warga Desa Jeruk Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Dia ditangkap saat menerima barang hasil rampasan dari korban di Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono mengatakan, penangkapan itu berawal dari laporan korban Achmad Suntoko (59) Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok pertengahan bulan lalu. Korban mengaku berkali – kali diteror pelaku melalui akun facebook. Pelaku menggunakan akun facebook palsu dalam melancarkan aksinya.

“Pelaku ini punya 5 akun facebook palsu. Sepertinya pelaku ini menguasai IT karena sempat membobol akun facebook korban,” ujarnya kepada awak media, Rabu (16/10).

Heri menambahkan, pelaku mengenal korban dari salah satu grup solawatan di Blitar. Korban sendiri adalah ketua grup solawatan itu. Melalui akun facebook palsu itu, pelaku mengancam akan membunuh korban jika tidak memberikan sejumlah uang hingga Rp 50 juta.

“Tapi korban tidak punya uang. Pelaku terus memaksa akhirnya diberikan sepeda motor Ninja 250R milik korban. Selain itu korban juga ingin mengetahui siapa pelaku yang meneror dia. Pelaku kami tangkap saat memberikan barang itu,” jelas Heri.

Kepada awak media, Riski mengaku, iseng melakukan aksinya itu. Bahkan, agar korban takut dia mengarang cerita jika pernah dianiaya oleh korban. “Saya kenal korban karena saya anggotanya. Rencananya motor ini mau saya buat solawatan saja tidak tahu mau saya buat apa,” katanya.

Kini Riski harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia terancam pasal 369 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman maksimal 9 tahun hukuman penjara.

Reporter Zayyin multazam sukri
Editor Irwan Maftuhin

Follow Untuk Berita Up to Date