Anak Muda di Ngetos Ikut Lestarikan Batik

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Di era globalisasi seperti saat ini, modis berkembang sesuai dengan zamannya. Perkembangan modis atau fesyen ini tentunya diikuti oleh para kawula muda. Namun lain halnya dengan kawula muda di Desa/Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.

Sejumlah anak muda di lereng Gunung Wilis ini mencoba menekuni teknik membuat batik tulis alami khas Nganjuk. Alhasil, hasil karya mereka diminati oleh pecinta batik domestik maupun manca negara.

“Kami membuat batik ini secara tradisional, meski begitu hasil karya kami diminati oleh banyak orang. Nahkan bisa tembus ke luar negeri,” ujar Aris Trio Efendi (41) pengasuh pembuatan batik di Desa/Kecamatan Ngetos, Jumat (2/10).

Aris mengatakan, dia bersama kelompoknya bertekad melestarikan budaya batik di Nganjuk. “Batik-batik yang kami buat ini kebanyakan bermotif khas Nganjuk. Hal ini kami lakukan semata-mata untuk mengangkat budaya batik Nganjuk,” papar koordinator Tagana ini.

Baca Juga: Peringati HBN, Pelaku Usaha Batik Bagikan Ribuan Masker

Dia berharap, kawula muda tertarik untuk menekuni batik tulis ini. Namun, tidak banyak kaum muda yang tertarik terjun untuk belajar membuat batik.

“Setelah saya beri penjelasan, akhirnya mereka sadar akan kebudayaan bangsa, dan mulai tekun membatik,” imbuhnya.