Amankan 2 Pengangkut Kayu Ilegal

Lumajang, koranmemo.com Petugas gabungan Perum Perhutani dan Polsek Pasirian mengamankan 2 orang pelaku yang mengangkut kayu hasil curian dari hutan lindung. Mereka adalah Santoso. (44) alamat Dusun Tegal Rejo, Desa tegal Rejo, Kec Tempursari kabupaten Lumajang, dan Subadi (54) yang bertindak sebagai sopir, warga Dusun Tempurejo, Ds Sumoroto, Kec Tempursari Kabupaten Lumajang.

“Anggota kami bersama anggota Polsek Pasirian berhasil menggagalkan aksi pengiriman kayu yang diduga dicuri dari hutan lindung,” ucap KSKPH / Waka Perhutani Lumajang, H. Mukhlisin. Minggu (22/4/2018).

Dari hasil tangkapan tersebut, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk mengusut tuntas, bahkan Mukhlisin berharap jika dalam pengembangan penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian harus menyangkut terhadap oknum bawahannya, dengan tegas Mukhlisin meminta untuk memasukkan dalam Berita Acara Penyidikan (BAP) Kepolisian.

“Jika dalam penyidikan pihak kepolisian menyatakan ada keterlibatan oknum perhutani, dengan tegas saya meminta untuk segera diproses dengan hukum,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Pasirian AKP. Zainul Arifin, SH., membenarkan adanya penangkapan terhadap para pelaku illegal loging ini, namun pihaknya belum berani berbicara panjang lebar, karena kasusnya masih dalam taraf penyidikan.

“Iya, nanti kalau sudah selesai penyidikannya pasti akan kami jelaskan”,Pungkasnya.

Petugas gabungan Saat melaksanakan operasi sedang berada di pos pemantauan di hutan jati Gondoroso , kemudian dari arah selatan (Dampar) sekitar pukul 21.30 wib melintas truk yang mencurigakan selanjutnya dihentikan dan dilakukan pemeriksaan dan saat itu juga ditemukan kayu yang sudah dalam bentuk olahan dari kawasan hutan lindung tanpa di lengkapi surat izin yang sah. Akibat perbuatan tersebut diperkirakan negara dirugikan sekitar Rp 50 Juta.

Reporter :Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu