Aman Hingga Lebaran, Tim Satgas Pangan Polres Blitar Kota Sidak Pasar

Share this :

Blitar, koranmemo.com  – Tim Satgas Pangan Polres Blitar Kota melakukan sidak di beberapa pasar, Selasa (19/5). Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek harga pasar dan kesediaan bahan baku menjelang hari raya idul fitri. Dari berbagai komoditas, beberapa harga mengalami kenaikan.

Sidak dilakukan di Pasar Legi, Kota Blitar. Tim gabungan langsung mengecek setiap komoditas yang menjadi sasaran utama. Komoditas tersebut diantaranya daging sapi, daging ayam, beras, telur ayam, bawang merah dan cabai.“Sidak ini kita lakukan untuk melakukan pengecekan pengontrolan stok pangan dan harga di pasaran,” ungkap Kanit Pidter Satreskrim Polres Blitar Kota Ipda Puspa Angghita Sanjaya.

Dalam sidak tersebut diketahui harga ayam dalam minggu ini paling mengalami perubahan. Harga terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Pada saat sidak, harga daging sapi mengalami kenaikan dari harga Rp 100.000 per kilogram naik sekitar Rp 10.000 perkilogram.

Ipda Puspa mengungkapkan harga daging ini merupakan hal yang biasa menjelang lebaran seperti saat ini. Selain itu petugas juga mengantisipasi peredaran daging babi. Hasilnya tidak ditemukan daging gelongongan maupun daging babi.

“Permintaan pembeli ini juga sangat mempengeruhi harga jual. Ketika permintaan menurun sementara stok berlimpah, mereka akan menurunkan harga jual agar stok terjual,” ungkap Ipda Puspa.

Tim Satgas Panganpun juga melakukan pengecekan di Pasar Pon, Kota Blitar. Petugas memantau kesediaan stok dan harga sayuran, cabai dan bawang. Dalam satu pekan ini harga cabai dan bawang merah masih stabil. Begitu juga dengan harga sayuran seperti tomat, wortel dan kentang.

“Kesediaan stok masih aman sampai hari raya Idul Fitri. Untuk harga kebutuhan sedikit mengalami naik turun seperti harga daging dan bawang merah, sementara telur masih naik turun. Kemarin sempat turun namun tadi naik lagi,” ungkap Ipda Puspa.

Reporter Nuramid Hasyim

Editor Achmad Saichu