Malas Hadiri Rapat dan Baca PU

Ponorogo, koranmemo.com – Memasuki akhir tahun 2016 ini, tampaknya semakin membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo malas (lumuh.red) untuk masuk kerja. Setelah 8 anggotanya mangkir dari rapat paripurna pada, Kamis (10/11) lalu, kini giliran 10 anggota dewan malas masuk kerja dengan dalih izin.

Tercatat pada rapat paripurna dengan agenda pembacaan pemandangan umum (PU) fraksi terhadap Rancangan Peraturan APBD Tahun Anggaran 2017, hanya 34 anggota dewan saja yang menghadiri rapat yang digelar di lantai tiga gedung DPRD Kabupaten Ponorogo, Senin (14/11) kemarin.

Parahnya lagi, puluhan wakil rakyat yang mengikuti rapat paripurna dengan jajaran eksekutif Ponorogo itu, tampaknya juga ikut-ikutan malas. Sejumlah fraksi seperti Fraksi Golkar, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat, dan Fraksi Gabungan Pembangunan Indonesia Sejahtera (GPIS) enggan membacakan naskah pemandangan umum (PU) fraksinya. Hanya Fraksi PDI-P dan PAN saja yang sempat membacakan PU fraksinya kepada peserta rapat.

Kondisi ini membuat tokoh masyarakat Ponorogo, Suyatno kecewa berat. Ia mengklaim penyakit malas memang rutin melanda wakil rakyat yang duduk di gedung parlemen Ponorogo itu. Akibat tabiat itulah masyarakat Ponorogo sudah tidak percaya dengan apa yang dilakukan kalangan legislatif.

”Itu (malas.red) penyakit menular di kalangan dewan. Makanya masyarakat kita gak ada yang percaya dengan mereka. Jadi kalangan dewan itu tidak usah diglontori dana ratusan juta sampai miliaran rupiah tiap tahunnya, mending buat bangun Ponorogo saja dari pada buat jalan-jalan mereka,” cetusnya.

Sementara itu. Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Slamet Hariyanto berdalih prilaku malas kerja yang dipertontonkan kalangan dewan ini disebutnya hal yang lazim. Ia bahkan menyebut jika naskah PU fraksi tidak harus dibaca lengkap. ”Itu hal yang lazim, PU fraksi bisa dibaca pembukaannya saja dan penutupannya. Untuk ketidakhadiran anggota dewan selama tidak hadir 6 kali berturut-turut maka tidak apa-apa,” dalihnya. (znl)

Follow Untuk Berita Up to Date