Akhir Pekan, Jumlah Pengunjung Perpustakaan Nasional Bung Karno Meningkat

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Kawasan wisata Perpustakaan Nasional Bung Karno masih menjadi pilihan masyarakat dari berbagai daerah untuk menikmati libur akhir akhir pekan. Peningkatan pengunjungpun cukup tinggi yaitu mencapai 200 persen jika dibanding hari-hari biasa.

Agus Sutuyo, Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar mengatakan, sudah menjadi tradisi pengunjung di Perpustakaan Bung Karno pada saat-saat liburan akhir pekan selalu mengalami peningkatan. Termasuk liburan awal tahun 2020 yang juga bersamaan dengan liburan terakhir sekolah.

Jika pada hari biasa jumlah pengunjung yang datang mencapai 2.000 orang per hari, pada saat liburan mengalami peningkatan mencapai 200 persen. Kebanyakan pengunjung yang datang pada hari Sabtu dan Minggu, jumlahnya mencapai 6.000 orang per hari. Pada momentum ini, pengunjung tidak hanya sekedar melihat di galeri Graha Literasi saja, namun juga ke ruangan baca.

Agus mengatakan, selain fungsi perpustakaan, juga menjadi tempat rekreasi. Menurutnya, berdasarkan data kunjungan, pengunjung berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan mayoritas dari wilayah Jawa Timur. “Bahkan juga ada pengunjung dari mancanegara, seperti Belanda, Jerman dan Inggris,” kata Agus.

Seperti pengunjung dari Belanda dan Jepang yang ingin melihat langsung barang-barang peninggalan Bung Karno sepeti pakaian, lukisan dan sebagainya. Selain berkunjung ke tempat-tempat rekreasi di kawasan perpustakaan Bung Karno, para pengunjung juga melakukan ziarah ke Makam Bung Karno.

“Kebanyakan pengunjung dari luar negeri ingin melakukan penelitian dan melihat peninggalan-peninggalan Bung Karno,” ungkap Agus.

Reporter: Nuramid Hasjim

Editor: Della Cahaya