Ajak Netizen Bijak Bermedsos

Share this :

Surabaya, koranmemo.comRatusan netizen dari seluruh Jawa Timur berkumpul di Hall Hotel Bumi Surabaya, Rabu (25/4). Mereka berdiskusi bersama dengan beberapa narasumber yang sudah disiapkan oleh Polda Jawa Timur terkait edukasi bicara baik dan bijak bermedia sosial.

Membawa tema literasi media ‘Edukasi bicara baik dan bijak bermedia sosial bersama Polri guna menciptakan Kamtibmas dunia siber di Provinsi Jawa Timur’ Polda Jatim mengundang sekitar 150 netizen se Jatim belajar bersama bermedia sosial. Narasumber Akhyari Hananto dari faounder goodnews from indonesia, Dimas Aditya Nugroho Kemenkominfo RI, Brigjen Pol Rikwanto Kepala Biro Multimediaa Divisi Humas Polri, dan divisi Siber Humas Polda Jawa Timur.

AKBP Fadly Muzir Ismail Kasubdit Penmas Bidang Humas Polda Jatim mengatakan, untuk membangun bangsa Indonesia harus bersama-sama dimulai dengan menciptakan opini positif. Hal itu dilakukan dengan tidak menyebarkan berita hoax dan menciptakan berita-berita positif.

“Netizen dan jurnalis yang hadir disini marilah kita bersama-sama menciptakan berita positif. Inilah yang nantinya akan membangun bangsa ini, maka kita semua harus mengedukasi kepada masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial,” katanya.

Sementara, salah satu narasumber Akhyar Hananto mengaku, pernah melakukan survei hasilnya 83 persen masyarakat indonesia pesimis indonesia akan menjadi negara maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya. Menurutnya, hal itu karena kurangnya berita positif yang diterima oleh masyarakat yang menciptakan pola fikir masyarakat cenderung pesimis.

“Sekarang, media informasi itu tidak lagi dikuasai oleh dua tiga orang pengusaha saja, tapi sudah ada di tangan kita dengan mudahnya kita mengakses medsos dan menyebarluaskan informasi itu. Maka, ini menjadi kesempatan kita untuk membangun informasi positif pada masyarakat,” katanya.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor : Della C