Ada Obat Kedaluwarsa? Ini yang Harus Dilakukan!

Koranmemo.com – Pernahkah kalian menemukan obat yang sudah kedaluwarsa di rumah? Lalu, apa yang kalian lakukan jika melihat obat yang sudah kedaluwarsa? Apakah boleh dibuang begitu saja?  Ternyata, membuang obat kedaluwarsa sembarang bisa berbahaya untuk lingkungan kita.

Hal ini dikarenakan ada obat-obat tertentu yang akan terurai menjadi racun bagi flora dan fauna, bahkan bagi manusia.

Jika sampai ke tanah, beberapa jenis obat seperti antibiotik, antiseptik, antivirus, dan anticacing akan membunuh banyak mikroorganisme.  Sementara, hewan dan tumbuhan kecil membutuhkan mikroorganisme sebagai makanannya.

Karena itu, membuang obat sembarangan bisa mengancam kehidupan hewan dan tumbuhan.  Obat-obat yang dibuang sembarangan juga akan mencemari tanah dan mencemari saluran air yang mengalir ke laut.  Dengan begitu, ikan dan makhluk laut lainnya juga dapat terancam.

Lalu, apa yang harus manusia lakukan?

  1. Tidak membuang obat langsung ke tempat sampah

Obat yang dibuang ke tempat sampah, dapat dijual kembali oleh pihak tidak bertanggung jawab dan sangat berbahaya bagi kesehatan orang lain.

  1. Vitamin dan mineral cair dapat dijadikan sebagai pupuk dengan cara langsung dituangkan ke tanaman

Jika obat berbentuk kapsul dan tablet, kita harus menghancurkannya terlebih dahulu.

  1. Kumpulkan obat-obatan yang sudah tidak dikonsumsi/digunakan

Jika sudah banyak, titipkan ke apotek, rumah sakit, atau pabrik obat untuk dimusnahkan.  Jangan lupa juga untuk menyobek atau menggunting kemasan untuk mencegah pemalsuan obat.

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date