Ada Bola Kecil Seperti Bluberry di Planet Mars

koranmemo.com – Setiap hari, ilmuwan antariksa semakin banyak menemukan pengetahuan baru tentang planet Mars. Saat robot Opportunity Rover NASA mendarat di Mars pada tahun 2004, ada penemuan fenomena yang unik.

Mereka menemukan banyak bola kecil atau bola-bola yang berdiameter sekitar 0,3 sentimeter, tertanam di batuan planet Mars.  Bola-bola ini berwarna biru gelap. Makanya, bola-bola ini dinamai bluberry, karena objek tersebut mengingatkan seorang ilmuwan pada kue bluberry.

Warna biru ini disebabkan oleh tingginya kandungan hematit atau biji besi mineral di dalamnya. Menurut keterangan NASA, bola-bola kecil ini menimbulkan masalah bagi Opportunity Probe karena menghalangi alat tersebut untuk mengumpulkan sampel permukaan planet Mars.

Bola kecil ini membuat pusing ilmuwan.  Ilmuwan kebingunan bagaimana caranya benda ini terbentuk. Karena bisa jadi, ada hubungannya dengan sejarah alam planet Mars.

Kemungkinan, batu-batu ini asalnya dari asap vulkanik yang didorong ke atmosfer Mars, dan berubah bentuk menjadi bola.  Kemudian ia jatuh kembali ke permukaan Mars.

Baca juga : Wah, Ada Kawah Es yang Tidak Bisa Mencair di Planet Mars!

Ilmuwan lainnya berpendapat kalau bluberry ini terbentuk ketika air mengalir dari batuan, dan membawa mineral yang membentuk bola ini.  Kalau di tahun 2014, ilmuwan mengatakan bluberry ini adalah sisa dari meteorit yang menabrak permukaan planet Mars.

Baru-baru ini, Ilmuwan dari Jepang, Mongolia, dan Inggris mengatakan kalau bluberry ini dibentuk dari air. Mereka mempelajari bijih besi di bumi dan menemukan kemiripan dengan bluberry Mars ini.  Ditambah lagi, ada pengaruh dari air asam sulfat di Mars, yang membantu membentuk bluberry ini, kemungkinan di masa Mars purba.

Meski begitu, bluberry ini masih menjadi misteri.

Reporter:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date