9 Penghuni LPKA Blitar Ikuti UNBK

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Ada sembilan penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang dilaksanakan Senin (01/04). Para anak binaan LPKA akan mengikuti UNBK di SMA YP Kotamadya, Kota Blitar.

Kepala SMA YP Kotamadya, Kota Blitar, Umi Subarkah mengatakan sembilan anak didik LPKA akan ikut UNBK pada sesi pertama. Mereka mengikuti ujian gabung dengan siswa reguler SMA YP Kotamadya.

“Kami hanya punya satu ruang untuk UNBK. Mereka akan kami gabung dengan siswa reguler pada sesi pertama,” kata Umi, Minggu (31/03).

Pelaksanaan UNBK di SMA YP Kotamadya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diikuti sebanyak 19 siswa termasuk anak didik dari LPKA.Sedangkan ujian sesi kedua diiikuti sebanyak 13 siswa.

“Jumlah komputer untuk ujian di sekolah kami hanya 19 unit, itupun sebagian laptop. Tapi kami sudah siap melaksanakan UNBK besok,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo mengatakan jumlah total siswa SMA yang mengikuti UNBK sebanyak 4.436 siswa.Rinciannya, siswa SMA di Kabupaten sebanyak 2.858 anak dan siswa SMA di Kota Blitar sebanyak 1.578 anak.

Sedangkan jumlah total SMA di Kota Blitar dan Kabupaten Blitar ada 33 lembaga. Sebanyak 22 SMA di wilayah Kabupaten Blitar dan 11 SMA di wilayah Kota Blitar.

“Untuk anak didik di LPKA yang ikut UNBK hanya sembilan anak. Mereka melaksanakan ujian di SMA YP Kotamadya,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo.

Dikatakannya, semua SMA di wilayah sudah siap melaksanakan UNBK.Menurutnya, beberapa hari sebelum pelaksanaan UNBK, sejumlah sekolah mengadakan doa bersama yang diikuti para siswa.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan UNBK SMK, kata Trisilo, yang perlu diantisipasi dalam pelaksanaan UNBK SMA, yaitu, tetap masalah server.

Sebab, dalam pelaksanaan UNBK SMK, sempat terjadi kendala soal server di SMK wilayah Kesamben.Tetapi, masalah itu dapat diatasi dengan server cadangan.

“Untuk itu, dalam menghadapi UNBK SMA, kami minta teknisi untuk melakukan sinkronisasi server dengan provinsi dan pusat dan persiapan lainnya, agar tidak ada gangguan lagi,” katanya.

Tetapi, menurutnya, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK SMK di wilyah Blitar berjalan lancar.Dari total 7.808 siswa peserta UNBK SMK, hanya ada lima siswa yang akan mengikuti ujian susulan.

Sesuai rencana ujian susulan untuk siswa SMK akan dilaksanakan pada 16-17 April 2019. “Ujian susulan diselenggarakan di sekolah masing-masing,” ujar Trisilo.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu