7 Tips Anti Stres dan Ribet Saat Liburan!

Koranmemo.com – Pikiran yang bercabang karena tugas di sekolah atau pekerjaan di kantor yang menumpuk, tidak jarang membuat kamu merasa stres dan butuh refreshing. Di tengah-tengah kesibukan diri tersebut, tentu kita membutuhkan waktu untuk bersantai, pikiran maupun tubuh kita. Traveling adalah pilihan yang tepat untuk berelaksasi sejenak.

Namun meskipun sedang jalan-jalan, biasanya pikiran kita bisa saja masih terbayang-bayang kekhawatiran tugas-tugas pekerjaan tersebut. Cemas karena meninggalkan hal-hal itu justru menambah beban pikiran. Belum lagi jika saat traveling ada beberapa hal di dalamnya juga ikut membuatmu tambah pusing, seperti rencana yang berjalan tidak sesuai, kesalahan pada kendaraan dan lain-lain.

Inilah tujuh tips liburan singkat anti stres yang akan menjawab beberapa kesulitan seperti di atas ini:

  1. Cari Destinasi yang Biayanya Tidak Tinggi

Satu hal ini akan mengurangi beban pikiranmu yaitu, biaya. Pilihlah tempat-tempat populer namun tidak menguras dompetmu. Biasanya tujuan destinasi ke alam seperti pantai, taman-taman atau mungkin hutan, itu memakan biaya lebih sedikit dibanding taman rekreasi atau tempat hiburan lain yang dibuat oleh manusia.

  1. Jangan Cek Email Pekerjaan

Tangan dan pikiranmu mungkin terasa gregetan ingin mengecek email kerja dari bos atau rekan kerja, namun sebaiknya hindari itu agar liburanmu tetap terasa nyaman. Karena jika kamu sudah melihatnya, secara otomatis kamu jadi memikirkannya dan liburanmu sebagai bahas relaksasi justru gagal.

  1. Packing Seperlunya

Perempuan, dalam hal packing biasanya ingin membawa seluruh barangnya yang ada di lemari. Kita tidak jarang takut memerlukan banyak hal padahal ini cuma liburan singkat. Siapkan tas yang berukuran tidak terlalu besar dan pastikan kamu cuma membawa barang-barang yang diperlukan. Sehingga kamu juga tidak ribet ketika membawa tas karena tidak terlalu berat.

  1. Jangan Terlalu Banyak Rencana

Berliburlah sebagaimana waktu itu berjalan. Jangan terlalu menjadwalkannya dengan padat karena itu sama aja akan membuatmu seperti sedang berkerja atau sekolah. Jangan lupakan tujuan liburanmu adalah agar pikiran dan tubuhmu beristirahat sejenak. Rencanakan beberapa hal, sisanya hanya untuk dilakukan apabila ada kesempatan.

  1. Siapkan Berbagai Informasi

Meskipun kamu memang tidak bisa memperkirakan atau mencegah suatu bencana, namun penting juga bagi kamu untuk mencari tahu beberapa hal seperti, cuaca, keamanan penginapan dan kendaraan, restoran-restoran populer yang akan dikunjungi, dan masih banyak lagi hal lainnya.

  1. Pilih Destinasi yang Tidak Terlalu Ramai

Pergilah ke tempat yang tidak terlalu ramai jika kamu benar-benar ingin menikmati relaksasi yang sebenarnya. Kerumunan yang ada justru bisa saja membuat kamu tambah stres dan tidak benar-benar menikmati liburanmu. Mungkin dari pada pergi ke tempat-tempat yang terlalu populer di masyarakat, mengunjungi alam atau tempat seperti museum lebih cocok.

  1. Pastikan Tujuan Liburanmu

Pertimbangkan apa yang kamu harapkan dari liburan ini. Seperti waktu yang akan dihabiskan apakah cuma untuk bersantai, atau menghabiskan waktu mengunjungi berbagai restoran populer, atau mengunjungi tempat-tempat jauh dan mencoba berbagai hal langka yang mungkin jarang ditemui. Daripada kamu mencoba semua hal dengan tidak pasti, sebaiknya atur perjalananmu dengan niat agar kamu bisa merasa terpenuhi.

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date