7 Ribu TKI Belum Tercatat Go TKI Kabupaten Blitar

Blitar, koranmemo.com – Sebanyak 7 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Blitar  belum terdaftar Go TKI milik Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar.  Secara keseluruhan jumlah TKI asal Kabupaten Blitar sebanyak 13 ribu orang dan yang terdaftar baru 6 orang TKI.

Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Jarun mengaku mulai tahun 2014 sampai tahun 2017 ada sekitar 13 ribu lebih Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Blitar yang bekerja ke luar negeri.

“Berdasarkan data yang kami miliki di Go TKI Kabupaten Blitar tercatat hanya sekitar 6 ribu saja, sedangkan jumlah TKI dari Kabupaten Blitar lebih dari 13 ribu,” katanya.

Dikatakan, sebanyak 6 ribu TKI yang terdaftar Go TKI Kabupaten Blitar merupakan TKI yang resmi mendapat rekomendasi keberangkatan dari Disnaker Kabupaten Blitar.  “Jumlah ini berdasarkan data TKI resmi yang keberangkatannya kami berikan rekomendasi, sehingga selebihnya kami juga kurang tahu keberangkatan resminya dan sampai kapan,” jelasnya.

Diakui, dimungkinkan banyak TKI yang hanya meminta rekomendasi dari tingkat kepala desa atau kecamatan saja untuk keberangkatannya sebagai TKI dari Kabupaten Blitar, sehingga mereka juga tidak terdaftar di Go TKI dan tidak dapat dipantau pihak Kementrian Tenaga Kerja dan Luar Negeri.

“Secara administrasi jika tidak terdaftar di Go TKI juga tidak terpantau secara resmi di Kementrian Tenaga Kerja dan Luar Negeri. Sehingga ini akan menyulitkan kami jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.