6 Planet yang Paling Mirip Bumi

Share this :

Koranmemo.com – Hingga saat ini, sudah ada ribuan planet yang ditemukan para astronom. Beberapa di antaranya ada yang mirip Bumi.  Setidaknya, ada 2.000  planet di galaksi Bima Sakti. Lebih dari separuh jumlah planet itu, ditemukan oleh teleskop Kepler milik NASA.  Sejak diluncurkan pada 2009, teleskop Kepler memang memiliki misi untuk mencari planet yang mirip dengan planet Bumi.

Uniknya, ternyata planet kecil berbatu seperti Bumi sebenarnya ada banyak di galaksi. Bahkan, beberapa di antaranya kemungkinan bisa ditinggali.

Meski ada banyak planet berbatu seperti Bumi, planet-planet itu tidak bisa langsung disimpulkan bisa dihuni. Ada beberapa syaratnya, pertama kecil dan berbatu, harus mengorbit di “zona layak huni” dari bintangnya agar mengandung air, serta memiliki komposisi atmosfer yang tepat.

Selain tiga syarat itu, para astronom juga harus mempertimbangkan hal lain, contohnya seberapa aktif bintang induknya. Jadi, tidak mudah untuk menyimpulkan kelayakan sebuah planet untuk bisa dihuni.

Namun begitu, setidaknya ada enam planet yang dianggap NASA mirip dengan Bumi.

  1. Gliese 667Cc

Planet ini merupakan planet ekstrasurya, artinya Gliese 667Cc tidak mengorbit Matahari sebagai bintangnya. Gliese 667Cc berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini mencapai 4,5 kali lebih besar dari Bumi.  Planet ini diketahui menyelesaikan satu orbit di sekitar bintang induknya hanya dalam 28 hari. Bumi sendiri membutuhkan waktu setahun untuk sekali mengorbit Matahari.  Planet ini ditemukan dengan teleskop 3,6 meter European Southern Observatory di Chili.

  1. Kepler-22b

Planet ini berjarak 600 tahun cahaya dari Bumi. Kepler-22b merupakan planet Kepler pertama yang ditemukan di zona layak huni dari bintang induknya. Ukuran Kepler-22b jauh lebih besar dari Bumi,lo! Setidaknya 2,4 kali ukuran Bumi. Belum jelas diketahui apakah planet ini berbatu, cair, atau gas. Orbitnya sekitar 290 hari.

  1. Kepler-69c

Kepler-69c 70 persen lebih besar dari Bumi. Jaraknya 2.700 tahun cahaya dari planet kita. Para ahli belum yakin tentang komposisinya atau materi penyusun planet ini.  Kepler-69c  menyelesaikan satu orbit setiap 242 hari. Bintang induk Kepler-69c sekitar 80 persen bercahaya seperti Matahari, sehingga mungkin planet ini berada di zona layak huni.

  1. Kepler-62f

Jaraknya sekitar 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya 40 persen lebih besar dari planet kita. Planet ini mengorbit bintang yang jauh lebih dingin dari Matahari dengan masa orbit 267 hari. Hal inilah yang menjadikan Kepler-62f ada di dalam zona layak huni.

  1. Kepler-186f

Ukuran planet ini tidak berbeda jauh dengan Bumi. Kepler-186f hanya 10 persen lebih besar dari planet kita.  Jaraknya sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi.

  1. Kepler-452b

Planet yang ditemukan tahun 2015 ini diyakini oleh NASA sebagai planet paling mirip Bumi. Bintang induknya sangat mirip Matahari dan planet ini mengorbit di zona layak huni. Dengan ukuran 1,6 kali ukuran Bumi, Kepler-452b diyakini berbatu. Planet ini berada 1.400 tahun cahaya dari Bumi.

Editor:  Della Cahaya