6 Pasar Daerah di Kabupaten Pasuruan Segera Akan Terapkan e-Retribusi

Share this :

Pasuruan, koranmemo.com – Pada akhir tahun mendatang, sejumlah pasar daerah di Kabupaten Pasuruan akan dikenai e-retribusi.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Kabupaten Pasuruan, Gatot Sutanto menerangkan, pihaknya menargetkan ada tambahan 6 pasar daerah yang bakal menerapkan penarikan e-retribusi, antara lain Pasar Gempol, Pandaan, Winongan, Prigen, Gondangwetan dan Pasar Ngempit.

Sampai sejauh ini, setidaknya sudah terdapat 4 pasar yang telah menerapkan e-retribusi, yakni Pasar Nguling, Pasar Warungdowo, Pasar Purwosari dan Pasar Sukorejo

“Total terdapat 10 pasar daerah yang akan melakukan penarikan e-retribusi sampai akhir tahun,” ujar Gatot, Selasa (20/10).

Baca Juga: Dinas Pertanian Targetkan Kartu Tani Kelar November

Gatot menjelaskan, penerapan penarikan e-retribusi penting dilakukan agar ada transparansi dan mempercepat pelaporan retribusi pedagang di pasar daerah. Para pedagang juga dapat memilih pembayaran dengan sistem harian sampai bulanan.

Penerapan e-retribusi juga terbukti sangat menguntungkan bagi para pedagang, Lantaran dapat mengedukasi pedagang untuk gemar menabung.

Baca Juga: Aksi Malang Melawan Tolak Omnibus Law Gelombang 2 Berlangsung Damai

“Ada keunggulan dari penarikan e-retribusi ini, selain ada pembayaran yang pasti dan transparansi agar tidak ada kebocoran. Juga mengedukasi pedagang untuk gemar menabung,” jelasnya.

Tak hanya itu Gatot juga menegaskan, penarikan e-retribusi ini akan dikembangkan dengan sistem barcode. Jadi petugas bisa langsung menarik retribusi dari barcode masing-masing pedagang baik yang tersimpan di handphone ataupun di lapak pedagang.

Reporter: Lalang Safurdiantoni

Editor: Della Cahaya