48 Jam, 25 Ribu Wisatawan

Share this :

Magetan, koranmemo.com – Kawasan wisata Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, masih menjadi jujugan wisatawan untuk menikmati liburan akhir tahun. Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mencatat, sejak Sabtu (31/12) hingga Minggu (1/1) jumlah wisatawan yang mampir ke Telaga Sarangan mencapai 25 ribu orang. “Data kami sejak Sabtu kemarin, tercatat 25 ribu wisatawan yang  telah masuk telaga Sarangan,” kata Siran, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Magetan, Minggu ( 1/1).

Selain didominasi wisatawan lokal, pelancong luar kota juga membanjiri wahana wisata yang berada di kaki Gunung Lawu tersebut. “Wisatawan luar kota juga banyak, ini terlihat dari kode plat nomor dari kendaraan tersebut,” jelas Siran.

Dikatakan Siran, dampak pembukaan jalan tembus Magetan- Karanganyar sangat berpengaruh bagi wisatawan Jawa Tengah yang datang ke Telaga Sarangan. Bahkan, lonjakan pengunjung dari provinsi tetangga tersebut juga sangat banyak.” Sejak dibuka kini lonjakan  wisatawan dari Jateng sangat  banyak,” ungkapnya.

Diprediksi ledakan pengunjung akan terus terjadi hingga Senin (2/1), bersamaan libur terakhir  tahun baru. “Kami optiomis ledakan pengunjung masih terjadi hingga Senin besok, karena hari terakhir libur bersama,” pungkas Siran.

Di sisi lain, akibat ledakan pengunjung di Telaga Sarangan, terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju pintu masuk Telaga Sarangan.Polisi menerapkan sistem buka tutup untuk mengurai kemancetan yang melibatkan ribuan kendaraan baik roda empat dan roda dua tersebut. (rik)