4 Tersangka Korupsi Pembangunan Gedung KPU Dilimpahkan

Nganjuk, koranmemo.com – Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21), hari ini, Kamis (20/7), berkas dan 4 tersangka pembangunan gedung KPU Nganjuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk oleh Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Nganjuk.

“Hari ini berkas perkara dan keempat pelaku kami limpahkan ke Kejari Nganjuk karena sudah dinyatakan lengkap atau P-21,” kata AKP Gatot Setya Budi Kasatreskrim Polres Nganjuk

Keempat tersangka itu, Suhariyono, mantan Sekretaris KPU Nganjuk yang juga Pengguna Anggaran (PA) Proyek Pembangunan Gedung KPU Nganjuk. Tiga tersangka lainnya dari pihak swasta, PT Trisenta Sarana Konstruksi (TSK) Mojokerto. Masing-masing Komisaris PT TSK Mojokerto Siti Khotijah, Direktur PT TSK Nurhadi dan Staf Teknis PT TSK Sudjoko.

Dalam pelimpahan tahap II ini, keempat tersangka didampingi kuasa hukumnya, Totok Budi Hartono dan Bambang Sukoco. “Iya benar, klien kami hari ini dilimpahkan ke kejaksaan. Namun kami akan mengupayakan penangguhan penahanan,” ujar Totok saat dicegat wartawan di pintu masuk gedung Kejari Nganjuk.

Diketahui, polisi mengusut kasus ini dalam beberapa aspek. Antara lain, item pekerjaan fisik gedung yang dihilangkan dan tidak sesuai dokumen kontrak. Mulai pembangunan musala dan gudang, bingkai plafon, paving halaman, rancangan tujuh unit taman di halaman gedung, hingga atap galvalum. Selain itu, kuat dugaan terjadi pelanggaran wewenang pejabat KPU Nganjuk saat itu, yang mengambil alih pekerjaan proyek.

Setelah dilakukan audit forensik konstruksi oleh  Universitas Brawijaya Malang kemudian menaksir, ada kerugian uang negara sekitar Rp 500 juta lebih. Usai penetapan tersangka oleh polisi, Kejari Nganjuk beberapa kali mengembalikan berkas perkara kepada Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Satreskrim Polres Nganjuk, karena dinilai belum lengkap.

Sampai akhirnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk sudah menyatakan berkas perkaranya lengkap, alias berstatus P-21. Dengan kata lain, tahapnya selangkah lagi menuju persidangan. Saat ini, keempat tersangka masih dimintai keterangan oleh Seksi Pidana Khusus Kejari Nganjuk.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.