360 Sertifikat Tanah Program PTSL Diserahkan kepada Warga Nambaan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Sebanyak 360 sertifikat tanah dari program pemerintah terkait Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL), diserahkan kepada 360 warga Desa Nambaan Kecamatan Ringinrejo oleh Ahmad Suwito Camat Ringinrejo. Penyerahan sertifikat ini dihadiri juga perangkat desa, Heru Susianta Kepala Desa Nambaan dan Forkompimca Ringinrejo.

Sebelumnya warga memang mengikuti PTSL dan seluruh tanah milik warga sudah didaftar petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan diukur sesuai batas-batas tanah yang jelas milik warga yang satu dengan lainya. Sehingga masing-masing batas tanah telah memiliki status yang jelas berdasar ketentuan hukum negara yang syah.

Kapolsek Ringinrejo AKP Didik melalui Kasi Humas Bripka Selo menjelaskan, program PTSL ini diikuti warga sejak awal tahun dan beberapa waktu pelaksanaan pengukuran bersama petugas dari desa setempat. Karena waktu butuh proses panjang warga harus menunggu beberapa bulan hingga kemudian sertifikat pada saat yang tepat diberikan ke pemohon.

“Tidak dipungut biaya dalam pembayaran program pengukuran tanah dalam PTSL ini. Demikian juga saat penyerahan sertifikat tanah, pemohon tidak dipungut biaya alias gratis. Program ini diperuntukkan untuk warga dan meringankan beban warga dalam kondisi ekonomi seperti saat ini,”ujarnya.

 Ditambahkan, penyerahan 360 sertifikat tanah ini masih sebagian dan akan dilanjutkan penyerahan berikutnya dalam waktu dekat. Dengan adanya warga menerima sertifikat tanah dari program PTSL ini, warga secara hukum negara telah syah dan atas kepemilikan tanah yang memiliki kekuatan hukum yang jelas.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu