21 Kendaraan Terjaring Razia

Kediri, Koran Memo – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, Dishub Kota Kediri bersama Satlantas Polres Kediri Kota dan Polisi Militer melakukan razia kendaraan di Jl Brigjen Katamso, Kota Kediri, Kamis (11/2). Sebanyak 21 kendaraan diberi tindakan karena melakukan beragam pelanggaran.

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan pada razia di Jalan Brigjen Katamso (amid/memo)
Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan pada razia di Jalan Brigjen Katamso (amid/memo)

“Razia ini dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap kelayakan kendaraan angkutan umum dan angkutan berat. Kita lakukan pengecekan kelengkapan surat surat dan apakan kendaraan tersebut masih layak beroperasi,” tegas KBO Satlantas Polres Kediri Kota Iptu Laksono.

Penertiban kendaraan dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB tidak hanya untuk angkutan umum antar kota. Petugas juga merazia angkutan berat dan bus. Hasilnya ditemukan sebanyak 21 kendaraan yang tidak memenuhi kelengkapan administrasi operasional angkutan umum.

Iptu Laksono mengungkapkan pelanggaran yang dilakukan cukup bervariasi. Seperti kepemilikan SIM tidak sesusai dengan keperuntukannya. Selain itu pelanggaran yang dilakukan adalah STNK tidak sah atau belum diperpanjang pajaknya, buku KIR talah habis dan tidak memiliki SIM dan STNK.

“Pelanggaran yang dilakukan bervariasi, ada yang tidak memiliki SIM, buku kir mati dan STNK belum di perpanjang,” tegasnya.

Oleh sebab itu petugas melakukan tindakan tegas dengan pelakukan penilangan terhadap 21 pelanggar. Tim ganungan mengamankan satu truck, satu mini bus yang diketahui melakukan pelanggaran. Selain itu juga diamankan 11 STNK, enam SIM B2 umum, dua SIM B sebagai barang bukti.

“Kita akan terus melakukan razia kendaraan ini supaya kenyamanan dan keamanan penumpang terjamin. Angkutan umum harus menjaga keselamatan penumpang dan pengemudinya,” papar Ipda Laksono. (ram)

Follow Untuk Berita Up to Date