2 Pasangan Bukan Suami Istri dan 3 Pelajar Bolos Terjaring Razia

Share this :

Kedirikoranmemo.com – Dua pasangan bukan suami istri yang satu pasang berstatus mahasiswa swasta di Kediri  terjaring razia gabungan petugas Satpol PP Kota Kediri dan Unit Sabhara Polsek Kediri Kota di salah satu tempat kos di Kecamatan Rejomulyo dan Hotel Crown Kediri, Senin (4/2).

Dua pasangan bukan suami istri adalah MR (20) asal RT 02/RW 04 Desa Purwodadi Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Uku Timur dan AI (18) asal Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan, serta RK (23) asal Dusun Ngolakan Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dan AE (21) asal RT 20/RW 05 Desa Cerme.

Selain itu petugas gabungan juga mengamankan tiga pelajar SMA Kota Kediri yang sedang bolos dan nongkrong di warung kopi. Mereka adalah AF (18) asal Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Kediri Kota, KS (18) Kelurahan Rejomulyo, dan AS (19) Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.

Kabid Trantibumas Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid mengatakan, razia yang dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan menjelang peringatan hari kasih sayang (Valentine) yang jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang. Petugas mendatangi tempat kos, tempat hiburan, kafe, dan hotel. “Petugas yang melakukan razia gabungan dengan petugas kepolisian dari Polsek Kediri Kota, mengamankan 2 pasangan bukan suami istri dan 3 pelajar yang membolos,” jelasnya, saat ditemui koranmemo.com.

Menurut Agus Dwi Ratmoko, Kasi Trantibum Satpol PP Kota Kediri, petugas yang memeriksa kamar kos menemukan satu pasangan bukan suami istri. Ketika diminta menunjukkan kartu identitas diri dan buku nikah, mereka tidak dapat menunjukan kepada petugas.

Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, petugas segera membawa kedua pasangan ini ke kantor Satpol PP Kota Kediri. Dan yang paling membuat terkejut petugas, salah satu remaja ini berasal dari luar pulau yang sedang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Kediri.

 “Dia dan pasangannya memang masih berstatus sebagai mahasiswa. Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak perguruan tinggi, untuk membantu memberikan pembinaan,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Agus, petugas kembali mlendatangi tempat kos lainnya, namun tidak ditemukan pelanggaran yustisi. Baik dari pihak pengelola dan penghuni, dapat menunjukan surat izin dan administrasi kependudukan. “Selain melakukan pemeriksaan, kami juga memberikan sosialisasi kepada pemilik dan penghuni kos. Kami mulai melakukan razia sejak hari Sabtu (2/2), dan akan terus melakukan razia sampai peringatan hari Valentine selesai,” tuturnya.

Sasaran terakhir, sambung Agus, petugas melakukan pemeriksaan dan sosialisasi di hotel Crown. Ternyata petugas menemukan satu pasangan bukan suami istri, serta menemukan minuman keras (miras) golongan A seperti bir bintang dan balihai. “Seperti yang sudah kami lakukan, pasangan tersebut segera dibawa ke kantor Satpol PP Kota Kediri. Untuk pengelola hotel, kami melakukan peringatan terkait izin penjualan miras tersebut,” tegasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu