1st Bupati Cup ZNA Blitar Junior KOI Show 2017 Digelar

Blitar, koranmemo.com- Ratusan ikan koi dari sejumlah daerah di Indonesia unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik dalam ajang 1st Bupati Cup ZNA Blitar Junior KOI Show 2017 . Ajang ini untuk mencari bibit ikan koi terbaik. Selain sebagai ajang kontes koi nasional yang pertama, juga sebagai sarana untuk mengenalkan Blitar sebagai salah satu sentra ikan koi ke kancah nasional.

Berbagai jenis ikan koi ini dikonteskan menjadi 4 kategori yaitu 1.Gosake meliputi Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoko. 2. Sakura meliputi Shiro Utsuri, Ghosiki, Kawarimono, Kinginrin A, Kinginrin B, Kujhaku. 3 Shubaki meliputi Hikarimoyomono, Tancho, Koromo, Doitsu, Komunryu dan 4. Botan meliputi Hikarimujimono, Asagi, Shusui, Bekko, Hikari Utsurimono, Hiki Utsurimono. Kontes koi tingkat nasional yang baru pertama diadakan di Blitar ini, digelar selama tiga hari, mulai tanggal 15 – 17, di Pendopo Kantor Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Kontes Koi ini diikuti ikan koi dengan panjang maksimal 0-55 centimeter. Tidak hanya diikuti penghobi koi dari kota-kota di Pulau Jawa saja, namun juga diikuti dari berbagai tempat seperti Medan, Palembang,Kalimantan, Pontianak, Makasar dan juga Bali. Sekitar 1200 peserta ikut meramaikan ajang ini.

Menurut ketua panitia kontes, Dicky Subandono, ada delapan juri dengan kemampuan tingkat nasional dan ada 1 juri yang didatangkan langsung dari Jepang yang melakukan penilaian di setiap kelas kontes. Penilaian koi meliputi performance, bentuk badan, kesehatan ikan, motif koi, serta tekstur warna ikan koi.

“Selain untuk mencari koi-koi terbaik, kontes ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi para pecinta koi tanah air. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan Blitar sebagai salah satu daerah penghasil ikan koi berkualitas di Indonesia,” ujar Dicky Subandono.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.