193 Orang Terserang DBD di Ngawi

Share this :

Ngawikoranmemo.com – Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Ngawi masih merajalela. Pasalnya, ada ratusan penderita penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi, hingga akhir Januari 2019, angka penderita penyakit DBD di Ngawi telah mencapai 193 orang dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

“Tercatat di cakupan Puskesmas Bringin dari 10 desa terdata 17 warga terkena DBD. Di Puskesmas Ngawi Kota ada 29 orang dirawat dan 2 penderita lainya meninggal,” kata Kasi P2PM Dinkes Ngawi Jaswadi, Rabu (30/01).

Untuk melakukan pencegahan Dinkes Ngawi melakukan pengasapan/fogging kesejumlah wilayah.  “Hari ini kita fogging ke wilayah Bringin dan Ngawi Kota. Karena kedua wilayah itu luar biasa jumlah penderitanya,” katanya.

Terkait Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS) Jaswadi menyayangkan lambatnya laporan jumlah penderita DBD dari rumah sakit di Kota Ngawi.

Padahal sesuai juknis harus 24 jam sekali dilaporkan sejak diagnosa ditetapkan.
“Kalau KDRS tidak selalu tepat mudah-mudahan penderita DBD secepatnya berkurang meskipun jumlah pasien tercatat masih stagnan,” tandasnya.

Reporter Dika Abdilah/Juremi

Editor Achmad Saichu