150 Pelajar Adu Kreasi di Iglo dan Ibro

Share this :

*Harus Fasih Berbahasa Inggris

Kediri, Koran Memo – Dibimbing oleh enam tenaga pengajar bahasa Inggris profesional ditambah dengan empat pelajar dari Amerika, sebanyak 150 pelajar dari Kabupaten dan Kota Kediri yang tergabung dalam Indonesian Girls Leader World (Iglo) dan Indonesian Boys Respecting Others (Ibro), Minggu (8/11) pagi hingga sore beradu kreasi di berbagai bidang di kawasan wisata Ubalan Kecamatan Plosoklaten.

Kegiatan Iglo dan Ibro di kawasan wisata Ubalan Plosoklaten Minggu siang kemarin (bakti/memo)
Kegiatan Iglo dan Ibro di kawasan wisata Ubalan Plosoklaten Minggu siang kemarin (bakti/memo)

Didukung Koran Memo, mereka mengikuti acara bertajuk Leadership by Respecting Others atau kepelatihan dasar kepemimpinan yang peduli lingkungan. Acara ini sebagai Ajang Remaja Berbahasa Inggris di Kabupaten Kediri dan peserta dalam semua aktivitas wajib berbahasa Inggris.

Ana Manurung, guru senior Iglo dan Ibro menyatakan kegiatan ini sebagai bentuk upaya eksplorasi talenta di bidang seni, kepemimpinan, dan kebersamaan.Yang utama mengembangkan potensi diri yang dimulai sejak usia dini utamanya untuk pelajar SMP dan SMA. Materi kegiatan ini diantaranya adalah seminar dan kegiatan seni memimpin. “Kegiatan lainnya adalah menyanyi, mendongeng,seminar, out bond, baca puisi, dan mengarang. Intinya mereka harus bisa membentuk jadi pribadi yang kuat dan kepemimpinan dalam satu kelompok hingga bisa bertanggungjawab di kelompoknya secara maksimal.Mereka harus bisa mengembangkan potensi diri secara baik,” jelasnya.

Ana menambahkan, dalam Iglo dan Ibro ini,peserta harus bisa mandiri dan bisa bekerja secara kelompok dengan bijak. Yang utama harus wajib berbahasa Inggris dalam dialog,menyanyi, bercerita, dan menyampaikan pendapat dalam kegiatan diskusi ataupun seminar. Yang paling utama peserta bisa menjadi pemimpin di kelompoknya dengan baik dan toleransi.

Shinta (16) peserta Iglo dan Ibro dari MTsN II Kota Kediri mengatakan mengikuti kegiatan Iglo dan Ibro adalah tantangan tersendiri dan menyenangkan. Siswa kelas IX ini sangat berbakat dalam bahasa Inggris dan menggali potensi diri dalam bidang cerita dengan alat peraga yang dibawanya. “Bagi saya menyenangkan kegiatan ini dan wajib diikuti. Ini adu kreasi dan potensi yang wajib diikuti pelajar yang ingin maju dalam berbagai ilmu. Karena senior pengajar melatih kami untuk berlatih profesional dan cerdas.Menguasai bahasa Inggris berarti akan menambah wawasan dan menguasai dunia,” ujar anak ragil politisi senior DPRD Kabupaten Kediri.(adv/bak)