15 Korban Pasung Jadi PR Dinkes Pemkab Madiun

Share this :

Madiun,koranmemo.comSedikitnya ada 15 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kabupaten Madiun menjadi pekerjaan rumah Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk dibebaskan dari pemasungan hingga akhir tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Soelistyo Widyanto mengatakan, pembebasan pasien ODGJ tersebut tidak bisa langsung dilakukan sekaligus.  “Kita sudah menjadwal waktu pelepasan pasung pasien ODGJ tersebut. Tentunya, mereka yang sudah tenang. Tidak mengamuk dan tidak kabur-kaburan lagi,” katanya kepada wartawan.

Dikatakan, lima pasien ODGJ yang kini masih terbelenggu itu sejatinya sudah pernah dilepas. Hanya, lantaran mereka kerap menghilang, pihak keluarga memasung mereka kembali. ‘’Supaya tidak hilang, makanya dipasung lagi. Sebenarnya sudah tenang,’’ ungkapnya.

Diakui Soelis, memang untuk kembali melepas pasung ODGJ tersebut bukan perkara mudah. Pasalnya, pihak keluarga kerap menolak dan keberatan. ODGJ yang sudah dibebaskan dari pasung itu bakal dirawat di RSJD dr Suroto Ngawi. ‘’Keluarga terkadang juga keberatan karena biaya. Padahal, ini sudah ditanggung pemprov,’’ terangnya.

Menurut Soelis, diluar 69 pasien ODGJ yang dipasung, sebenarnya masih banyak lagi ODGJ di Kabupaten Madiun. Namun, Dinkes tidak memiliki jumlah pasti ODGJ.

Reporter: Juremi
Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.