120 Napi Khatamkan Alquran

Jombang,koranmemo.comRatusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Jombang mengikuti acara khataman Alquran di Masji At-taqwa di dalam komplek lapas, Kamis (20/4). Selain untuk meningkatkan ketaqwaan para warga binaan sebelum kembali ke masyarakat kelak, kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 Tahun 2017, 27 April nanti.

Pengamatan di lokasi, 120 napi laki-laki dengan setelan busana muslim dan kopiah putih dengan khusyu mengikuti khataman dibawah bimbingan sejumlah pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Jombang. Tidak hanya di dalam masjid, peserta juga ada yang mengikuti khataman dari teras luar masjid.

“Ini (khataman) tidak hanya digelar di Lapas Jombang saja melainkan seluruh lapas se – Indonesia dengan total peserta 50.000 warga binaan pemasyarakatan. Sementara khusus Jombang saja berjumlah 120 orang peserta,” kata Kalapas Klas IIB Jombang, Nur Achmady kepada wartawan.

Achmady menambahkan, khataman Alquran juga dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 yang jatuh pada 27 April. “Ini juga dalam rangka hari pemasyarakatan. Tadi dibuka dengan cara vidcon (video conference) oleh Menkumham Yasonna H Laoly,” ujarnya.

M Jauharul Afif, salah satu pengurus NU yang mendampingi kegiatan menambahkan, khataman Alquran diikuti secara antusias oleh para warga binaan.

“Ketentuannya empat orang (warga binaan) membaca 1 juz. Sehingga total peserta¬† berjumlah 120 orang. Semoga mereka (warga binaan) mendapatkan syafaat Nabi Muhammad,” tuturnya.

Sementara, Muhamad Arifin, salah satu napi peserta khataman mengaku perasannya lebih lega usai kegiatan. “Saya bisa merasa lebih tenang. Bisa mendoakan orang tua dari sini (lapas),” ungkap napi kasus pembunuhan asal Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat itu.

Reporter : Agung Pamungkas
Editor : Vrian Triwidodo
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.