10 Pejabat Publik dan 2.330 Nakes Kab. Pasuruan Divaksin Covid-19 Awal Februari

Pasuruan, koranmemo.com – Awal Februari 2021 mendatang di Kabupaten Pasuruan bakal dilakukan Vaksinasi Covid-19 untuk 10 pejabat publik dan 2.330 nakes (tenaga kesehatan).

Kesepuluh pejabat publik tersebut di antaranya terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda (Sekretaris Daerah) dan anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) seperti Kapolres Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan, Ketua PN Bangil, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan dan lainnya, sedangkan untuk para nakes, diutamakan yang berada di garda terdepan, seperti para dokter, perawat, bidan hingga petugas laboratorioum yang terjun langsung dalam penanganan pasien Covid-19, baik di RSUD Bangil, RSUD Grati, RS Prima Husada hingga di puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan, Dr Ani Latifah menjelaskan, jumlah tersebut adalah alokasi pertama yang diberikan oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur untuk Kabupaten Pasuruan. Hanya saja untuk jadwal digelarnya vaksinasi tersebut belum tahu kapan, mengingat Pemkab Pasuruan masih menunggu komando dari Pemprov Jatim.

“Kalau untuk bulan ini, vaksinasi di Jatim dilakukan di Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, sedangkan Kabupaten Pasuruan jadwalnya pada awal Februari, akan tetapi untuk tanggalnya masih belum kita terima,” ujar Dr. Ani, Rabu (13/01).

Baca Juga: Tak Hanya Menilang, Beginilah Cara Satlantas Polres Pasuruan Kota Dalam Sosialisasi Prokes

Dirinya menambahkan, dalam menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac tersebut, untuk setiap calon penerima vaksin harus betul – betul memenuhi syarat dengan ketentuan seperti berusia 18-59 tahun, tidak pernah atau tidak sedang terkonfirmasi Positif Covid-19, serta tidak memiliki penyakit penyerta alias komorbit. Hal tersebut juga berlaku bagi semuanya, termasuk seorang kepala daerah.

“Karena ini persyaratan yang memang menjadi kebijakan dari Pemerintah Pusat, maka bagi kami yang ada di daerah hanya akan melaksanakan kebijakan tersebut. Intinya kami akan menyeleksi dari seluruh persyaratan tersebut,” terang Ani.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19, K3S Kab. Pasuruan Gelar Baksos di 9 Ponpes

Ditegaskan, Vaksin Covid-19 Sinovac itu sendiri belum di terima di Kabupaten Pasuruan, yang notabene vaksin tersebut masih berada di Dinkes Pemprov Jatim. “Pastinya nanti kalau sudah mendekati harinya, akan dikirim ke Kabupaten Pasuruan,” singkatnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah mengusulkan sebanyak 1.016.774 penerima Vaksin Covid-19. Kendati demikian, usulan tersebut juga bergantung pada kuota yang akan diberikan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada Dinkes Kabupaten Pasuruan.

Reporter Lalang Safurdiantoni
Editor Achmad Saichu