Wujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan

Kediri, Koran Memo – Ketika memasuki sekolah ini, pemandangan yang tampak pertama kali adalah petak-petak taman yang di masing-masingnya terdapat papan nama bertuliskan nama petak taman tersebut. Contohnya, mathematical garden, taman yang dikelola oleh guru-guru matematika SMP Negeri 2 Kediri beserta 3 kelas yang telah dipilih. Selain itu, masih banyak taman-taman yang penamaannya menggunakan nama mata pelajaran di SMP Negeri 2 Kediri.

Guru-guru dan kader SMP Negeri 2 Kediri
Guru-guru dan kader SMP Negeri 2 Kediri

SMP Negeri 2 Kediri telah ditunjuk sebagai sekolah tinjauan untuk lomba kota sehat tingkat nasional tahun 2015. Setelah dua tahun berturut-turut SMP Negeri 2 Kediri selalu memperoleh juara pertama sekolah sehat di tingkat kota, sekolah ini telah dianggap layak untuk mendapat predikat sebagai sekolah adiwiyata. “Sekolah ini berhasil mendapat predikat adiwiyata setelah selama 4 tahun terakhir pihak sekolah terus mencetuskan program-program peduli lingkungan dengan siswa-siswa sebagai pelaksananya,” terang Salamun, Waka Sarpras SMP Negeri 2 Kediri, Senin (7/9).

Program yang paling menonjol di sekolah ini adalah Jumat sehat. Setiap hari Jumat sekolah mengadakan berbagai kegiatan non akademik yang tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, namun juga membentuk kepribadian siswa, antara lain senam sehat, kerja bakti, dan imtaq. Di luar kegiatan hari Jumat, siswa SMPN 2 Kediri dibiasakan untuk selalu berjabat tangan dengan para guru dan memilah sampah kering dan basah.

Salamun mengatakan peran siswa-siswa disini sangat penting. Mereka tidak hanya sebagai pelaksana kegiatan, namun mereka juga adalah pengawas bagi diri mereka sendiri dan teman-teman mereka. SMPN 2 Kediri telah membentuk kader-kader yang mewakili setiap pokja, seperti kader UKS, kader sampah, kader sanitasi dan kader kantin. Fungsi dari kader-kader tersebut adalah sebagai contoh dan mengingatkan siswa-siswa lain agar selalu menjaga kebersihan. “Harapannya ke depan, SMP Negeri 2 akan benar-benar bisa mewujudkan slogan sekolah yaitu Sekolahku BERHIAS (Bersih, Hijau, Indah, Aman dan Sehat),” ujar Salamun. (c6)

Follow Untuk Berita Up to Date