Wisata Petik Paprika di Batu, Hanya Dibuka pada Sabtu dan Minggu

Share this :

Batu, koranmemo.com – Jika biasanya wisatawan di Kota Batu melakukan wisata petik apel, jeruk, stroberi atau jambu, kali ini ada destinasi baru yaitu petik paprika. Destinasi wisata petik paprika ini bisa dijumpai di Dusun Tunggangan RT 6 RW 5, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Mashudi, pemilih Wisata Petik Paprika mengatakan, komoditi pertanian jenis paprika ini terbilang masih baru dan jarang dilirik petani. Bermula dari program saprodi pemerintah, ia terus menekuni budidaya paprika hingga kini. “Sekaligus ingin mengenalkan budidaya paprika kepada masyarakat petani sebagai alternatif komoditi pertanian yang juga bisa ditekuni petani lain,” ungkapnya, Rabu (24/1).

Destinasi wisata itu lokasinya berdekatan dengan wisata pemandian air panas Cangar. Luas wisata ini 1.500 meter persegi, yang tertutup dengan green house. Namun, bagi wisatawan yang ingin merasakan petik paprika, bisa datang ke tempat ini pada hari Sabtu dan Minggu saja. “Sebab pada hari Senin hingga Jumat, green house petik wisata paprika ini tutup,” ujarnya.

Sementara, para pengunjung cukup membeli tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang. Di dalam green house itu terdapat paprika berwarna merah, hijau dan kuning. Satu buah memiliki berat kurang lebih 200 gram. “Jadi tarif Rp 15 ribu ini hanya tiket masuk saja. Tetapi kalau masuk dan membawa pulang paprika dikenakan tarif sesuai harga buahnya,” ungkapnya.

Ditambahkan saat ini paprika jenis merah dan kuning seharga Rp 50 ribu dan hijau Rp 30 ribu. Satu kilogram paprika, wisatawan bisa membawa 4 hingga 6 biji paprika berwarna merah dan kuning.

Namun, untuk paprika hijau yang ukurannya lebih kecil, pengunjung bisa membawa 10 paprika. Meski baru November 2017 berdiri, green house petik paprika ini sering dikunjungi oleh wisatawan. “Kebanyakan wisatawan yang datang adalah wisatawan dari kalangan menengah ke atas,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz