Wisata Hutan Bambu Lumajang Semakin Berkembang

Lumajang, koranmemo.com – Wisata Hutan Bambu yang terletak di Dusun Umbul Sari, Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, nampaknya terus berkembang seiring berjalannya waktu. Kades Sumberwuluh, Safi’i terus berupaya melakukan pengembangan aset wisata Hutan Bambu agar menjadi tempat wisata yang efektif dan efisien, terlebih bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kami sepakat bersama pengambil keputusan dan masyarakat Desa Sumber Wuluh untuk terus mengembangkan wisata Hutan Bambu ini,” ujar Kades Sumber Mujur, Safi’i, Minggu (1/4/2018).

Tidak mudah untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat lokal untuk sadar wisata, artinya setiap masyarakat yang dapat memiliki rasa untuk memiliki, menjaga, serta pengembangan, saat ini di lokasi wisata hutan bambu.

Saat ini wisata ini dalam proses pembuatan kolam renang, adapun anggaran yang digunakan untuk pembangunan kolam tersebut menggunakan dana swadaya dengan pengerjaan swakelola.

“Inilah bentuk kesadaran warga Sumberwuluh, dalam pengelolaan wisata hutan bambu yang menjadi aset desa kami”,Tambahnya.

Kekompakan warga Desa Sumberwuluh sempat diceritakan oleh Penasehat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Agus Wijaya, untuk petugas yang menjaga atau yang bekerja dalam pengelolaan desa wisata Hutan Bambu ini lebih condong bekerja secara sosial, bahkan untuk warung – warung yang berjualan di dalam lokasi hutan bambu hanya dikenakan retribusi listrik saja, sebesar Rp 5000 per minggu.

Sementara itu Kades Babakan Kecamatan Padang, Martasid yang sempat ditemui saat berkunjung di wisata Hutan Bambu Desa Sumbermujur, merasa sangat puas.

Pihaknya juga berkeinginan memiliki desa wisata seperti Desa Sumber Wuluh, selain itu pihaknya juga berencana melakukan investasi jika diperkenankan.

“Kami sangat puas, wisatanya sangat kental dengan alam, insyaallah kami siap untuk invest jika diperkenankan,” pungkasnya.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu