Wisata Adrenalin Sparta, Jadi Salah Satu Pilihan Liburan di Akhir Tahun

Trenggalek, koranmemo.com – Bingung liburan akhir tahun kemana, wisata ke Kabupaten Trenggalek solusinya. Selain destinasi wisata pantai dan keindahan alam yang masih alami Trenggalek juga punya destinasi wisata yang tidak kalah dengan Via Ferrata yang ada di Purwakarta, tapi ada pula di Trenggalek. Mungkin objek wisata itu pun bisa jadi pilihan buat destinasi libur akhir tahun.

Destinasi panjat tebing Sepikul Via Ferrata (Sparta) di Trenggalek. Wisata pemacu adrenalin ini tidak hanya dikhususkan bagi para pemanjat profesional, namun juga bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk yang belum pernah melakukan panjat tebing sekalipun.

Seperti dikatakan Wakil Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin para traveler tidak perlu khawatir terkait keselamatan maupun keamanan. Setiap pengunjung yang hendak naik tebing Sepikul di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo ini akan dilengkapi dengan sabuk serta helm keselamatan. Sepanjang jalur panjat telah dilengkapi dengan tangga dan sling pengaman.

“Untuk jalur totalnya ada 375 meter, tapi pengunjung tidak harus sampai puncak, bisa menyesuaikan. Jangan takut, ada petugas profesionalnya juga,” paparnya.

Coba extreme sport via ferrata di tebing Sepikul, tebing tertinggi di Jawa Timur ini, selain itu wisata ekstrem ini merupakan yang kedua di Indonesia, setelah di Gunung Parang Purwakarta, Jawa Barat. Sedangkan untuk di Jawa Timur maupun Indonesia bagian timur, via ferrata di Trenggalek merupakan yang bertama kali ada.

“Di atas itu asyik sekali, pemandangannya bagus, karena kita bisa melihat Trenggalek di bagian timur dari atas tebing ini. Apalagi di pit satu ada semacam tempat khusus yang bisa dipakai untuk istirahat sejenak, cukup puas pokoknya,” ungkapnya.

Wabup berharap, wisata andalan Trenggalek ini semakin berkembang pesat, karena tidak mudah menemukan lokasi yang tepat untuk dijadikan wahana via ferrata. Selain itu lokasi Sparta cukup strategis yang berada di jalur wisata menuju Gua Lawa, Banyu Nget, Ekowisata Mangrove, Pantai Prigi dan Pantai Pasir Putih.

“Jadi habis dari sini bisa lanjut ke pantai atau wisata lain di Trenggalek, kalau di sekitar pantai juga sudah ada hotelnya. Jadi lebih mudah lah bagi wisatawan,” tutupnya

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor : Hamzah Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.