Wasit Bakal Hentikan Laga Jika Terjadi Rasisme

Rusia, koranmemo.com – FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia sudah mengingatkan dengan tegas  dalam perhelatan Piala Dunia tidak akan terjadi kasus rasis, untuk itu Gianni Infantino mengatakan sosok wasit akan mempunyai kuasa dan wewenang untuk menghentikan pertandingan jika terjadi insiden rasisme.

Kebijakan FIFA ini muncul akibat banyak kasus rasisme di Rusia di ajang liga domestika mereka.  Persatuan Sepakbola Rusia sudah didenda 22.000 poundsterling atau sekitar Rp 410 juta oleh FIFA bulan Maret lalu.

Hal ini ,ada seorang fans yang melakukan tindakan rasis terhadap pemain Perancis selama pertandingan persahabatan di Saint Petersburg, salah satu kota tuan rumah untuk turnamen tersebut

“Saya tidak akan mengatakan kami risau tentang diskriminasi, hak asasi manusia dan keamanan tetapi kami menganggap mereka sangat serius. Kami telah mengambil langkah yang tepat dalam proses persiapan,” kata Infantino

Lanjut Infantino  pihaknya telah menerapkan prosedur tiga langkah untuk wasit bila terjadi kasus rasisme, yakni wasit menghentikan laga, menangguhkan atau membatalkan pertandingan. Diharapkan kebijakan FIFA tersebut kasus Rasime di Piala Dunia 2018 tidak terjadi lagi.

Dari Berbagai sumber

Editor: Bambang Iswahyudi

Follow Untuk Berita Up to Date