WARISAN LELUHURKU ( SMP PGRI 1 Kediri )

Share this :
Cium tangan sebelum berangkat sekolah
Cium tangan sebelum berangkat sekolah

Terima kasih sepedaku

(Karya : Luri Julia Puput  SMP PGRI 1 Kediri )

Sudah generasi keberapa aku memakai jasamu
Melintasi jalanan yang penuh sesak
Raga tuamu yang kian tua
Tapi semangat tak pernah hilang
Sepeda tuaku
Teman Kakek, teman Bapak, temanku juga
Setia dengan melintasi jaman
Setia dengan kegagahannya
Semangatmu menginspirasiku
Semangatmu mengantarkanku menuntut ilmu
Semangatmu membawa kemajuan dalam diriku
Semangatmu tak akan hilang ditelan waktu
Terima kasih sepeda tuaku.
Mengkayuh sepeda menuju sekolah bersama teman-temannya

Perkenalkan namanya Panca Driya Tribasanta, alamat Bandar Lor gang 5B.  Sekolah di SMP PGRI 1 Kediri, temanku ini sangat menginspirasi karena setiap ke sekolah selalu mengkayuh sepeda tua warisan keluarganya. Jaman sudah maju,banyak dari teman-temanku berangkat kesekolah dengan naik sepeda motor. Akan tetapi tidak dengan temanku ini, yang sangat setia dengan sepeda tuanya.

Pagi itu sebelum bel sekolah berbunyi tampak beberapa anak memakai seragam sekolah biru kombinasi batik salah satunya Panca Driya. Dia tampak bersemangat mengkayuh sepeda tua bersama teman-temannya. Postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, kulitnya sawo matang, wajahnya khas orang Jawa. Sangat pantas apabila membintangi “Si Bolang” dari SMP PGRI 1 Kediri yang ditayangkan di salah satu televisi swasta nasional.

Dengan bel sepeda tuanya (Kring…Kring…Kring …) Panca Driya terus mengkayuh sepedanya hingga sampai ke sekolah. Aku terkesan dengan temanku ini dan sangat beruntung bisa berdiskusi bertanya tentang sepeda tuanya.

Mading Bikeducation SMP PGRI 1 Kediri

Panca Driya memiliki sepeda tua dari warisan keluaganya. Dia juga menjekaskan bahwa tidak akan menjual sepeda tuanya, dia akan selalu merawat, memakai, setiap berangkat kemana saja termasuk kesekolah, dan akan mewariskan kelak kepada keturunannya. Panca Driya juga menjelaskan sering mengikuti event-event Fun Bike di Kediri dan sekitarnya bersama club sepeda tua bernama “Maut” yang bermarkas di sekitar rumahnya

Jempol dua untuk temanku ini, masih muda tetapi mau menggunakan atau memakai sepeda tuanya setiap aktifitas berangkat sekolah. Dia juga mau merawat dan menggunakannya diaktifitas lain, tidak ada rasa malu atau minder dari temanku ini, yang ada hanya wajah bangga dan semangat saat mengkayuh sepeda tuanya. Panca Driya adalah teman yang sangat menginspirasi saya dan teman-teman lain. Dia juga memberikan contoh betapa pentingnya bersepeda menuju sekolah, selain membuat badan sehat, dia juga mengurangi kemacetan dan polusi udara serta tidak pernah terlambat sekolah.

Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Semoga teman-teman yang masih sekolah di SMP, bisa naik sepeda untuk berangkat ke sekolah karena akan mendapatkan banyak manfaat dari naik sepeda setiap hari.

Salam dari kami SMP PGRI 1 Kediri #SpirisaOptimisBis

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

3 Comments on "WARISAN LELUHURKU ( SMP PGRI 1 Kediri )"

Notify of
avatar
Muslikan
Guest

Sebagai salah satu guru di SMP PGRI 1 KEDIRI, saya sangat bangga dengan anak-anak didik saya karena mayoritas (lebih dari 80%) murid-murid SMP PGRI 1 KEDIRI masih tetap setia menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama ke sekolah karena lebih sehat, aman, murah dan ramah lingkungan. #SpirisaOptimisBisa

khoiruddin
Guest

cocok… semangat terus..

Vega Jody Lumintang
Guest

Bagus sekali..
lanjutkan 🙂

wpDiscuz