Warga Singosaren Diserang DB, Satu Meninggal

Ponorogo, koranmemo. com-Warga Kelurahan Kecamatan Ponorogo resah. Ini menyusul banyaknya warga di wilayah ini yang terjangkit wabah Demam Berdarah (DB). Bahkan, satu warga dilaporkan tewas akibat terjangkit virus tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun, wabah DB sejak sebulan lalu menyerang warga di RT 1 Rw 1 Jalan Singa Jaya Gang 1 Kelurahan Singosaren. Tercatat, sudah empat warga yang dilaporkan terjangkit virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Agepty ini.

Tak hanya itu,  salah satu korban Zahra (7) siswi kelas 1 SD di wilayah ini meninggal, usai menjalani perawatan di rumah sakit.

Ketua RT 01 RW 01 Jalan Singa Jaya, Edy Prioso mengatakan, ada lima warga di wilayahna yang dilaporkan terjangkit virus DB selama sebulan, bahkan salah satunya telah meninggal. Ia pun meminta, Dinas Kesehatan untuk cepat tanggap dengan melakukan fogingisasi (pengasapan.red) dalam mengatasi penyebaran virus DB yang semakin menjadi di kawasan tersebut.

”Selama sebulan ini sudah ada 5 orang yang terjangkit, satu sudah meninggal Zahra anak kelas 1 SD. Kemarin sudah di lihat Dinkes tapi cuman survie saja. Warga sudah resah karena banyak yang terjangkit virus ini,” ujarnya, Rabu (14/3).

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes, dr Yayuk Dwi Wahyuni berdalih, lambanya penangan penyebaran DB di Jalan Singa Jaya, lantaran pihaknya masih melakukan penyelidikan epidemoligi jentik di kawasan tersebut.

Hal ini, untuk melihat dan memantau perkembangan jentik di kawasan suspek DB. Ia pun menuding, penyebaran DB di kawasan itu akibat Pola Sehat Masyarakt (PSM) tidak berjalan, sehingga nyamuk cepat berkembang biak.

” DB itu ada karena faktor masyarakat yang tidak menjalankan pola hidup sehat (PSM). Foging bukan satu satunya solusi untuk memberantas DB, tapi PSM lah yang harusnya digalakkan di masyarakat. Menandai daerah Suspek juga tidak mudah kita harus melakukan penyelidikan epidemologi dulu,” dalihnya.

Reporter : Zainul  Rohman
Editor : Achmad  Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date