Warga Sekitar Pabrik Tapioka Berjatuhan Sakit

Madiun, koranmemo.com – Warga sekitar Pabrik Tapioka PT Budi Starch & Sweetener, Tbk di Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun berjatuhan sakit. Diduga karena dampak polusi bau limbah pabrik setempat.

Kepala Puskesmas Bangunsari Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, Widya Wardani mengungkapkan, tercatat sejak sebulan terakhir sedikitnya ada 17 pasien anak anak dan 40 orang dewasa yang mengajukan periksa kesehatan terkait gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Penyakit ISPA mulai menyerang hidung, sinus, tenggorokan juga laring dan faring. Penyebaran bisa melalui udara, virus ataupun bakteri ISPA.”Sebagai penanganan bisa diberikan obat, jika belum berkurang bisa diberi antibiotik,” katanya, Selasa (17/7).

Upaya untuk mengurangi resiko terjadinya gangguan pernapasan, pihak puskesmas berupaya menjalin kerjasama dengan pabrik-pabrik setempat. Sebab di wilayah Bangunsari terdapat pabrik tepung dan juga pabrik triplek.

Widya mengakui bahwa untuk pabrik tepung pihak puskesmas memang belum mendatangi pabrik untuk menjalin hubungan kerjasama. “Untuk pabrik tepung memang kita belum kesana, tapi rencana memang secepatnya kita akan menjalin hubungan kerjasama,” pungkasnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date