Wali Murid Tidak Mampu Bisa Tunggu Seragam Gratis

Blitar, koranmemo.com – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Blitar, Trisilo Budi Prasetyo melarang SMA/SMK di wilayahnya memaksa wali murid membeli seragam di sekolah. Bagi wali murid yang tidak mampu bisa menunggu pembagian seragam gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Trisilo Budi Prasetyo mengaku, pembagian kain seragam gratis yang dijanjikan masih cukup lama, karena saat ini masih dalam tahap lelang. Namun, pembagian kain seragam sebanyak dua pasang yakni abu – abu putih dan kain seragam pramuka dipastikan akan diberikan kepada seluruh siswa SMA/SMK.

“Para siswa baik sekolah negeri dan swasta memang akan mendapat bantuan seragam dari Provinsi Jatim. Provinsi Jatim memberikan bantuan seragam sebanyak dua setel, yaitu, seragam abu-abu putih dan seragam pramuka. Tapi bantuannya masih berupa kain, tidak pakaian jadi. Saat ini masih proses lelang, kapan pastinya saya belum tahu,” ujarnya, Kamis (11/7).

Ditambahkan, awal ajaran baru yang dimulai minggu depan dipastikan belum bisa diterima seragam gratis tersebut. Dia mempersilahkan wali murid yang ingin membeli seragam secara mandiri, namun Trisilo menegaskan, melarang sekolah memaksa siswa membeli seragam di koperasi sekolah.

“Kalau ingin beli seragam sendiri dulu tidak apa-apa. Bisa beli di toko, pasar, atau di mana saja. Kami melarang sekolah memaksa wali murid harus beli seragam di sekolah, larangan itu sudah kami kirim ke sekolah – sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut, bagi wali murid yang tidak mampu bisa menunggu pembagian kain gratis yang diperkirakan pada bulan September tahun ini. Selain itu, siswa dari keluarga kurang mampu sementara waktu bisa memakai seragam sekolah menengah pertama (SMP) yang telah dimilikinya.

“Kalau mau menunggu tidak apa, kalau mau membeli sendiri juga tidak apa – apa. Yang paling penting bukan seragamnya, tapi siswanya bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lancar, dengan baik,” tandasnya.

Reporter Zayyin multazam s

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date