Wali Kota Kediri Kaget Dengan Kemajuan Polisi

Hari Bhayangkara ke-72

Kediri, koranmemo.com – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Kediri Kota menyelengarakan Upacara Bendera di Halaman Mako Polresta Kediri, Rabu (11/7) pukul 08.00 WIB. Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi yang menjadi inspektur upacara menyampaikan amanat dari Presiden RI Joko Widodo. Usai kegiatan tersebut Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan gedung Command Center Polres Kediri Kota yang baru saja selesai dibangun.

Mas Abu  sapaan akrab Wali Kota Kediri takjub dan tidak menyangka jika layanan Polresta Kediri bisa berkembang dengan sedemikian rupa. Dia mangaku, selama 4 bulan masa cutinya dia tidak mengetahui perkembangan yang ada di Polresta Kediri. “Saya selaku perwakilan warga Kota Kediri kaget karena polisi bisa membuat sistem segini bagusnya dan di bawah tadi ada ruang SPKT yang sudah sesuai dengan standart Kemenpan RB dan di atasnya ini ada command center,” ujarnya.

Wali Kota Kediri berharap, adanya sistem dan aplikasi yang telah dimiliki oleh Polres Kediri Kota ini akan mempermudah pelayanan terhadap masyarakat Kota Kediri. “Sekarang inginnya masyarakat  pelayanan serba cepat, dan polisi sekarang sudah berbenah sedemikian rupa. Semoga berguna bagi polisi dan masyarakat Kota Kediri karena dengan ini pasti memangkas waktu pelayanan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi menjelaskan ada tiga aplikasi yang dapat sudah dibangun, di antaranya ICC, Visitor, dan E-SPKT. Dan pada E-SPKT inilah yang akan mempermudah pelayanan Publik masyarakat Kota Kediri. Semua kepengurusan surat yang berkaitan dengan polisi bisa dibuat dari aplikasi yang dapat diunduh di Playstore.

“Semua surat yang berhubungan dengan kepolisian seperti surat kehilangan, SKCK, dan SIM bisa diurus melalui aplikasi ini. Tinggal mengisi data didalam aplikasi namun nanti tetap keabsahannya dan berkasnya harus ke kantor SPKT. Memang tidak keseluruhan secara daring namun dapat memangkas waktu, setelah mendaftar di aplikasi kapanpun bisa datang ke pelayanan SPKT dengan menunjukkan barcode terlebih dahulu,” ujarnya.

Sementara itu untuk HUT Bhayangkara ke-72, Kapolresta mengatakan peran polisi tidak akan berjalan lancar tanpa adanya peran dari pihak lainnya seperti Pemda dan TNI. Seperti diketahui beberapa pembangunan di Polresta Kediri adalah hibah dari Pemkot Kediri dan Pemkab Kediri, serta CSR dari PT Gudang Garam. “Saya berharap sinergitas ini tetap terjaga untuk menjaga kamtibmas di Kota Kediri. Karena untuk menjaga kondusifitas saya butuh bantuan dari masyarakat, pemda, dan TNI,” tutupnya.

Pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Kediri, OPD lingkup Kota Kediri dan Pejabat Utama Polresta Kediri. Selain melakukan peresmian, Wali Kota Kediri juga memberikan penghargaan kepada polisi berprestasi.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date