Wali Kota Batu Hadiri Bimtek Satlinmas Penanggulangan Bencana

Batu, koranmemo.com – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewannti Rumpoko menghadiri acara Bimbingan Teknis Bagi Anggota Satlinmas dalam membantu penyelenggaraan oenanggulangan bencana yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan bertempat di Royal Orchids Garden Hotel Jl.Indragiri no.4, Kota Batu, Rabu (11/09).

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Drs. Nugroho, Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Dr.RM.Arief Moelia Edie, Plt.Kasatpol PP Adhim, Kepala BPBD Sasmito, Camat Batu Yoppy dan Kepala Desa dan Lurah se Kota Batu, Perwakilan Satpol PP se-provinsi Jawa Timur serta anggota Satlinmas Kota Batu.

Pada kesempatan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Drs. Nugroho mengatakan bahwa kementrian dalam negeri Ditjen Bina Administrasi kewilayahan dalam rangka menyelenggarakan bimtek penanggulangan bencana untuk Satlinmas yang ada di desa desa.

“Kita melaksanakan bimbingan ini karena Kota Batu merupakan daerah yang juga rawan bencana yaitu tanah longsor,angin puting beliung dan banjir sehingga kita pilih Kota Batu untuk mitigasi bencana yang akan kita berikan  pembekalan bimtek adalah Satlinmas yang nantinya akan membantu masyarakat  didalam penanggulangan bencana di daerah dan Kota Batu akan dijadikan pilot project untuk daerah yang lainnya,” ujarnya, Rabu (11/09)

Sementara itu Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa insentif untuk Satlinmas sudah ada, dan diimbau kepada desa yang mempunyai dana desa yang lumayan yaitu rata rata Rp 4 M – Rp 8 miliar disetiap desa untuk disisipkan berapa persen anggaran untuk Satlinmas.

” Karena  Satlinmas ini mempunyai peran yang cukup strategis dan punya tanggungjawab yang lumayan besar di masyarakat desa,” tutupnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date