Wagub Jatim Sebarkan Puluhan Ribu Benih Ikan Wader

Surabaya, koranmemo.com – Sungai atau bendungan  merupakan sumber kehidupan baik bagi manusia maupun bagi keanekaragaman hayati yang hidup di bendungan. Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk sadar akan menjaga kebersihannya.

Wakil Gubenur (Wagub) Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, seluruh elemen masyarakat turut serta aktif menjaga kebersihan air bendungan, terutama dari limbah dan sampah lainnya. “Karena nantinya air bendungan ini akan dimanfaatkan oleh Jasa Tirta untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga,” katanya, Selasa (19/2/2019), sore.

Adapun lanjutnya, indikator lain yang menandai bagusnya kualitas air sungai atau bendungan, adalah banyaknya terdapatnya ikan asli kali, sungai atau bendungan yang masih hidup, di sepanjang Bendungan Gerak, Desa Ringin Rejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro terdapat beberapa species ikan asli lokal yang hidup, akan tetapi keberadaan perlahan – lahan hilang dikarenakan pencemaran air di bendungan,  salah satunya ikan lokal hidup di bendungan Gerak adalah Ikan Wader.

Berdasarkan hasil penelitian dari lembaga kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton), terdapat ikan Wader yang cacat seperti kelainan alat kelamin yang diakibatkan kontaminasi limbah yang di buang di bendungan,” terang Wagub Jatim Emil Dardak kepada koranmemo.com.

Dalam kesempatan tersebut pemprov membantu memberikan benih dan menebarkan benih ikan Wader di bendungan sebanyak 25 ribu ekor dengan jenis ikan wader cakul dan wader pari yang dilaksanakan olek UPT Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Umbulan yang salah satu Unit Teknis di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) Provinsi Jawa Timur.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, ikan wader memiliki banyak kandungan gizi seperti asam lemak omega 3, zat besi, protein dan meningkatkan sistem imun. Ikan Wader juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika diolah menjadi makanan.

“Kalau banyak ikan, panjenengan yang hidup di sekitar bendungan tidak usah kemana-mana, karena  apa kita bisa memancing di bendungan sekaligus mendatangkan kehidupan yang baik,” tukas Emil Dardak.

Reporter M Fauzi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date