Wacanakan Pemasangan Stiker di Rumah KPM Tahun Ini

Jombang, koranmemo.com –¬†Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Sosial (Dinsos), mewacanakan untuk memasang stiker di rumah keluarga penerima manfaat (KPM), yang memperoleh bantuan sosial.

Pemasangan stiker ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan penyadaran kepada KPM yang masuk dalam kategori layak maupun tidak layak mendapat bantuan. Serta untuk menghindari adanya error data dan sistem secara faktual atau nyata.

“Bisa dikatakan ini tidak sekedar wacana tetapi sudah menjadi program karena akan dilaksanakan setelah PAK/P-APBD (Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2019 nanti,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang Mochamad Saleh, Jumat (15/3).

Dikatakan sebagai penyadaran terhadap KPM, menurut Saleh data KPM memang selalu dinamis. Dimana kondisi perekonomian KPM bisa saja berubah menjadi layak ekonomi atau sebaliknya sehingga layak mendapat bantuan.
“Maka dari itu ketika ada KPM berubah kondisi (menjadi kategori mampu, red), sebaiknya juga melapor, sehingga bantuan bisa disalurkan ke yang lebih membutuhkan,” paparnya.

Selain itu, penempelan stiker sebagai salah satu langkah melakukan verifikasi secara nyata di lapangan, sehingga penyaluran bantuan sosial menjadi tepat sasaran.
“Data penerima KPM saat ini dan sedang berproses (verifikasi) tercatat ada ini 100.691 penerima,” rinci Saleh.

Masih menurut Saleh, jika pada perjalanannya KPM yang telah terpasang stiker mengalami perubahan ekonomi menjadi mampu, maka stiker akan dilakukan pencopotan dengan disaksikan pihak desa. “Program ini telah mendapat restu dari kepala daerah,” pungkas Saleh.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date