Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2019

Nganjuk, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap partai politik (Parpol) yang akan menjadi peserta Pemilu 2019. Hasil sementara, tujuh dari 15 Parpol dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan delapan parpol lain dijadwalkan melakukan verifikasi faktual pada 1 Februari 2018.

Pantauan di lapangan, petugas KPU Kabupaten Nganjuk terlihat mendatangi kantor DPC Hanura Nganjuk guna melakukan verifikasi faktual. Proses ini dilakukan untuk mengecek secara langsung keberadaan kantor, pengurus, serta anggota parpol. Sebab, salah satu syarat untuk menjadi peserta Pemilu 2019 adalah parpol harus dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU.

Setelah melakukan verifikasi faktual, komisioner KPU Nganjuk menyatakan DPC Partai Hanura untuk sementara dinyatakan memenuhi syarat. Selanjutnya, KPU akan meneliti lebih lanjut guna dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) verifikasi faktual tersebut.

Selain melakukan verifikasi faktual di kantor DPC Hanura Nganjuk, sebelumnya KPU juga melaksanakan kegiatan serupa di kantor DPC PDIP, PAN, PKB, Nasdem, Gerindra, dan Golkar. Sedangkan verifikasi faktual untuk DPC Demokrat, PKS, Perindo, PPP, Garuda, PBB, PSI, dan PKPI akan dilaksanakan pada 1 Februari 2018.

Meski parpol sudah dinyatakan memenuhi syarat dalam proses verifikasi faktual, KPU menegaskan belum tentu dinyatakan lolos verifikasi faktual. “Karena masih ada proses lain yang akan dikaji KPU. Untuk ketentuan parpol yang lolos verifikasi faktual akan diumumkan pada 2 Februari 2018 mendatang,” ujar Yudha Harnanto, Komisioner KPU Nganjuk.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.