Verfak, Ada Temuan Data Parpol Tidak Cocok

Jombang, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 12 partai politik menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bernomer MK Nomor 53/PUU-XV/2017 terkait uji materi tentang verifikasi faktual terhadap partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2019.

Verfak yang dilakukan selama tiga hari sejak Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2) itu berbeda dengan verfak sebelumnya yang mendatangi secara langsung anggota parpol ke rumah masing-masing.

Kali ini dalam melakukan verfak, petugas hanya dengan mendatangi kantor parpol, dimana pihak parpol mendatangkan anggotanya dengan sampel anggota  5 persen. Namun dalam verfak selama dua hari ini masih terdapat temuan data parpol yang tidak cocok.

Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum Athoillah mengatakan, dalam dua hari melakukan verfak, masih ada partai politik yang datanya belum sesuai.

“Masih ada partai yang tidak cocok datanya, dan masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan. Misalnya identitas pengurusnya, dia masih menginput data yang lama padahal sudah ada pergantian SK,” kata Atok kepada wartawan, usai melakukan verfak di kantor Partai Gerindra di Jl Abdurrahman Saleh Jombang, sembari enggan membocorkan nama dan jumlah parpol dimaksud.

Sedangkan dalam verfak di Partai Gerindra, Atok menyatakan semua syarat dinyatakan sesuai dengan data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Sudah dilakukan (verifikasi), semuanya sudah sesuai dengan data kita. Baik kepengurusan lalu keterlibatan 30 persen perempuan dan domisili sudah kami periksa semua dan sudah sesuai. Untuk keanggotaan ini masih dalam proses verifikasi,” ujarnya.

Sementara, Heri Setiawan, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Jombang menyatakan jika pihaknya mempersiapkan 100 persen pengurus perempuan yang ada di dalam partai.

“Verifikasi hari ini berjalan lancar, dari semua syarat yang ditetapkan kita sudah memenuhi semuanya. Alhamdulillah keterwakilan dari perempuan kita hadirkan 100 persen,” tandas Heri.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.