USBN SD Hanya Tiga Mapel

Kediri, koranmemo.com,-Tidak sama seperti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di tingkat SMP dan SMA yang mengujikan semua mata pelajaran. Tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ini hanya mengujikan tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengatakan, pada tahun ini terdapat ujian sekolah (US) dan USBN pada tingkat SD dan sederajat. Bedanya, USBN hanya tiga mata pelajaran sedangkan US ada Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Penjaskes dan Olahraga, serta Seni Budaya dan Keterampilan.

“Tahun ini, ada USBN untuk SD itu hanya tiga mata pelajaran sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pak Muhadjir Effendi. Ini berbeda dengan tingkat SMP sederajat yang mengujikan semua mapel, dan ujiannya hanya ada USBN dan UNBK,” jelasnya.

Terkait soal USBN, berbeda dengan tahun lalu yang dibuat oleh Pusat dan Dinas Pendidikan Provinsi. Untuk tahun ini, 25 persen dari Pusat dan 75 persen dari kelompok kerja guru (KKG). “Pembuatan soalnya sama seperti SMP, dibuat oleh pusat dan 75 persen dari KKG di Dinas Pendidikan Kota Kediri. Soalnya juga ada essai, sebanyak 10 persen,” jelasnya.

Sedangkan, untuk lima mata pelajaran yang diujikan pada US semua soal dibuat oleh guru mata pelajaran masing-masing. Soal yang dibuat itu, harus kombinasi antara essai dan pilihan ganda sesuai dengan intruksi dari Kemendikbud. “Sedangkan untuk ujian sekolah atau US, 100 persen soal disiapkan sekolah berdasarkan kisi-kisi nasional yang disiapkan oleh pusat,” jelasnya.

Reporter: Zayyin  Multazam
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.