UPTD Kecamatan Akan Dihapus, Disdikpora Tunggu Keputusan Organisasi

Trenggalek, koranmemo.com – Beredarnya surat kementerian pada tanggal 14 Desember 2017, tentang akan dihapusnya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di bidang SD di lingkup Dinas Pendidikan Dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Trenggalek, membuat beberapa ASN yang masuk dalam jabatan tersebut was-was. Pasalnya para ASN cemas jika UPTD dihapus bagaimana nasib mereka ke depan.

Saat dikonfirmasi koranmemo.com terkait hal tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Trenggalek Sunyoto membenarkan adanya surat edaran terkait penghapusan UPTD di kecamatan. Akan tetapi pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari organisasi di Sekretariat Daerah Pemkab Trenggalek.

“Benar, kemarin tanggal 14 Desember saya sudah menerima surat tersebut. Tetapi setelah diamati isi surat tersebut masih ada kesempatan untuk mempertahankan UPTD walaupun tidak semuanya,” jelasnya Senin (18/12).

Menurutnya, berdasarkan isi surat tersebut memang terdapat beberapa pasal baru. Tetapi masih ada kesempatan, karena dalam isi surat tersebut mengatakan hanya sesuai kebutuhan daerah masing-masing.“Meskipun tidak semua tetapi akan tetap ada di beberapa kecamatan saja,” ungkapnya.

Jika bicara UPTD adalah satuan pendidikan, padahal satuan pendidikan hanya ada di sekolah saja sehingga yang lain tidak termasuk. Jadi kantor unit itu tidak masuk dalam satuan kerja. Tetapi dengan adanya surat tersebut dengan pasal barunya sehingga memungkinkan untuk dihapus atau disesuaikan dengan kebutuhan.

“Jelas kami sangat memerlukan UPTD karena keberadaannya sangat membantu di bidang SD. Walaupun nantinya hanya ada beberapa koordinator jika memang disesuaikan dengan kebutuhan daerah,” tegasnya.

Saat ditanya bagaimana nasib para ASN yang menjabat,  pihaknya berharap tidak perlu dikhawatirkan, nanti memang tidak ada lagi golongan IV yang menjabat tetapi yang ada adalah koordinator atau pengawas. Tetapi nanti tidak ada istilah penurunan pangkat, pangkat akan tetap hanya saja mungkin akan pindah tugaskan dimana golongan IV yang kosong.

“Teman-teman jangan cemas dengan penempatan. Jabatan untuk golongan IV di Trenggalek sendiri sebenarnya masih sangat kurang. Pemerintah pasti akan bijak dalam menyelesaikannya,” pungkasnya

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.