Unggah Doraemon di Medsos, Pencuri Ditangkap

Trenggalek, koranmemo.comTim Unit Reskrim Polsek Dongko mengamankan Umar Santoso (31), pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) di rumah tetangganya, Siti Maesaroh (23). Penangkapan pelaku berawal dari boneka doraemon milik warga RT 09/RW 05 Dusun Plapar Desa Cakul yang diunggah Umar Santoso di media sosial (medsos).

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, postingan pelaku inilah yang menjadi ‘kunci’ ungkap kasus curat yang terjadi pada 27 Mei silam. Setelah menjadi buronan, petualangannya berakhir di balik jeruji besi penjara. “Dia diamankan di rumahnya, masih tetangga dengan korban,” ujarnya di Mapolres Trenggalek, Senin (24/6).

Tak hanya mengambil boneka doraemon, pria pengangguran itu juga mengambil sebuah laptop yang belakangan diketahui telah dia jual kepada temannya di wilayah Kecamatan Panggul.

Ia mengaku menjual laptop dan tas warna hitam untuk keperluan ngopi dan nongkrong bersama temannya. “Katanya untuk ngopi, uangnya untuk keperluan sehari-hari,” imbuhnya.

Sebelumnya, pria yang masih tinggal satu RT dengan korbannya ini menjarah rumah tetangganya saat ditinggal salat tarawih. Pelaku masuk ke rumah dengan cara merusak kunci pintu.

Kemudian dia mengacak-ngacak kamar korban untuk mencari benda berharga. “Ada tas dan uang tunai Rp 100 ribu, boneka teddy bear dan doraemon dan laptop,” jelasnya.

Hingga kasus itu dilaporkan ke Mapolsek Dongko pada 17 Juni lalu, aksi Umar Santoso nyaris tak terendus. Akhirnya dia diamankan setelah kepolisian mencocokkan boneka yang diunggah pelaku dengan milik korban.

 “Kita kroscek dan ternyata betul, itu adalah milik korban. Pelaku memang mengoleksi boneka, makanya dibawa juga,” kata Kapolsek Dongko, AKP Tri Basuki.

Berdasarkan pengakuan tersangka kepada petugas, dia mengelak rumor berkembang jika nantinya boneka itu bakal diberikan kepada kekasihnya.

Termasuk motif punggahan boneka itu semata pelaku lakukan bukan untuk dikomersialkan. “Memang pelaku suka mengoleksi boneka. Bukan juga, misal untuk pacarnya atau kekasihnya. Pengakuannya demikian,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date